Biar Nggak Parno, Ini Lho Beda Gejala Cacar Air Vs Cacar Monyet

ADVERTISEMENT

Biar Nggak Parno, Ini Lho Beda Gejala Cacar Air Vs Cacar Monyet

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 04 Agu 2022 20:15 WIB
Apa Itu Cacar Monyet, Kini Ditetapkan Jadi Darurat Kesehatan Global
Ilustrasi virus cacar monyet (Foto: Getty Images/iStockphoto/kontekbrothers)
Jakarta -

Belakangan ini dunia dihebohkan dengan penyakit cacar monyet. Selain kasusnya yang terus meningkat di sejumlah negara, cacar monyet juga resmi ditetapkan sebagai darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penyakit ini sekilas memiliki penampakan visual yang mirip seperti cacar air. Namun nyatanya, kedua penyakit tersebut memiliki sejumlah perbedaan, baik itu gejala hingga masa inkubasinya. Penasaran apa saja perbedaan cacar monyet vs cacar air? Simak berikut ini

Cacar Monyet Vs Cacar Air

Dikutip dari Times of India, Kamis (4/8/2022), cacar monyet merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet merupakan bagian dari keluarga virus yang sama dengan virus variola yang menyebabkan cacar.

Sedangkan cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster, virus yang juga menyebabkan herpes zoster. Kedua virus ini berpotensi menyebar melalui kontak dekat, droplet pernapasan, hingga kontak langsung dengan lesi kulit. Selain itu, cacar air umumnya lebih menular dibandingkan cacar monyet.

Sama-sama Picu Gejala Demam, Tapi Beda Waktu

Cacar monyet dan cacar air umumnya memiliki gejala yang cukup mirip, seperti:

  • Demam
  • Sakit Kepala
  • Nyeri otot
  • Sakit punggung
  • Kedinginan
  • Kelelahan

Meskipun sama-sama memicu demam, namun waktu timbul gejala ini kemungkinan berbeda. Demam gejala cacar monyet kemungkinan akan muncul satu sampai lima hari sebelum gejala ruam. Sedangkan demam akibat cacar air dapat muncul satu sampai dua hari sebelum ruam.

Sebagai informasi, ruam termasuk gejala umum lainnya dari cacar monyet dan cacar air.

Masa Inkubasi yang Berbeda

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC AS), masa inkubasi cacar monyet bisa memakan waktu sekitar 7 hingga 14 hari. Sementara cacar air berlangsung hingga 16 hari.

Cacar Monyet Punya Gejala Khas

Sebagian besar kasus cacar monyet memicu gejala pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan ini biasanya terjadi akibat infeksi bakteri atau virus, mengingat kelenjar getah bening memainkan peran penting dalam melawan infeksi. Sedangkan gejala ini tidak ditemukan pada kasus cacar air.

Perbedaan Ruam Cacar Monyet Vs Cacar Air

Ruam cacar monyet biasanya terjadi dalam satu hingga tiga hari setelah gejala demam muncul. Sering kali ruam cacar monyet dimulai dari wajah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya, termasuk telapak tangan dan kaki.

Sementara ruam cacar air akan muncul satu hingga dua hari setelah demam. Adapun ruam cacar air keseringan muncul di punggung hingga wajah. Kemudian menyebar ke seluruh tubuh, kecuali pada telapak tangan dan kaki.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT