Pernah Merasa Jantung 'Berhenti' Berdetak Beberapa Saat? Mungkin Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Pernah Merasa Jantung 'Berhenti' Berdetak Beberapa Saat? Mungkin Ini Penyebabnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamis, 04 Agu 2022 21:45 WIB
ilustrasi sakit jantung
Foto ilustrasi: shutterstock
Jakarta -

Beberapa orang mungkin pernah merasa jantungnya tidak terasa berdetak beberapa saat. Kondisi ini muncul disertai dengan tubuh yang mudah lelah serta napas yang berat.

Kira-kira tanda penyakit apa? Apakah kondisi ini bisa berbahaya?

Dokter spesialis jantung dari Primaya Hospital Bekasi Barat, dr Andriga Dirgantomo, SpJP, FIHA, mengatakan kemungkinan besar kondisi tersebut disebabkan irama jantung yang tidak teratur.

Kondisi ini biasanya hanya terjadi beberapa detik saja. Jika jantung tidak berdetak lebih dari satu menit, seseorang disebutnya sudah kolaps.

"Mungkin yang dirasa nggak berdetak itu gangguan irama jantung yang tidak teratur, beberapa detik saja. Karena kalau nggak berdetaknya lebih dari semenit, pasti sudah kolaps," jelas dr Andriga kepada detikcom, ditulis Kamis (4/8/2022).

Dalam penjelasannya, dr Andriga mengungkap adanya beberapa kondisi yang bisa menyebabkan detak jantung tidak teratur. Mulai dari faktor luar maupun organ dalam jantung.

"Dari faktor luar jantung misalnya faktor stres, cemas, efek dari makanan atau minuman seperti kopi/kafein berlebihan, efek dari obat-obatan yang dikonsumsi seperti obat asma, overdosis obat flu, dan lain-lain," kata dr Andriga.

"Kalau dari faktor organ jantung yang bisa membuat gangguan irama jantung, seperti gangguan otot jantung, misal radang otot (miokarditis), gangguan listrik jantung atau persyarafan jantung, serta gangguan aliran di pembuluh darah jantung," sambungnya.

Jika muncul berbagai gejala, lanjut dr Andriga, segera periksakan ke ahli jantung. Terlebih jika gejala yang muncul sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.



Simak Video "Kiat Menjaga Jantung Tetap Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT