ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Agu 2022 16:11 WIB

Viral Wanita Asal Yogya Mesti Ganti Mata Tiap 5 Tahun Sekali, Begini Kisahnya

Alethea Pricila - detikHealth
mata palsu Viral wanita asal Yogya harus pakai mata palsu. Foto: Dokumentasi pribadi Ghina Khansa dan tangkapan layar Tiktok @ghinaae (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Mata merupakan ujung tombak indera manusia. Namun bagaimana jika seseorang hidup hanya dengan satu mata? Kondisi ini dirasakan oleh Ghina Khansa Dalila. Melalui media sosial Tiktok miliknya @ghinaae, mahasiswa 23 tahun tersebut membagikan kondisi yang dialaminya sehingga ia harus menggunakan protesa (mata palsu).

Wanita asal Yogyakarta ini mengidap Glaukoma Kongenital. Dikutip dari WebMD, kondisi ini merupakan penyakit yang terjadi karena tekanan cairan tinggi di mata dan merusak saraf optik. Kondisi ini dapat dialami oleh anak baru lahir sampai usia 3 tahun dan memengaruhi sekitar satu dari setiap 10.000 bayi.

Hal ini juga disampaikan oleh Ghina, kondisi ini dialaminya sejak bayi dan disebabkan karena pembuangan cairan mata kirinya tidak berfungsi dengan baik.

"Jadi aku adalah salah satu pengguna protesa (mata palsu) di mana aku mengidap glaukoma dari lahir. Jenis Glaucoma kan ada banyak, nah aku mengidap Glaucoma congenital di mana kondisi ini terjadi saat kondisi ini terjadi saat bayi," terangnya pada detikcom, Jumat (5/8/2022).

"Penyebabnya karena sistem pembangunan cairan dalam mata kiri tidak berfungsi dengan baik," ujar Ghina lebih lanjut.

Kondisi yang dialami sejak bayi ini menyebabkan bola mata miliknya membesar dan berwarna biru serta menyebabkan kebutaan. Hal ini yang mendorongnya untuk melakukan pengangkatan bola mata dan memakai mata palsu sejak tahun 2017. Saat itu, ia berada di bangku SMA.

"Hal ini (Glaukoma Kongenital ditandai dengan tekanan intraocular dan perenggangan sclera (bagian putih mata) yang menyebabkan bola mata membesar berwarna biru serta menyebabkan kebutaan," jelasnya.

Gejala yang Dialami

Sebelum memutuskan untuk pengangkatan bola mata, Ghina merasakan beberapa gejala seperti:

  • Kondisi mata tidak berfungsi
  • Sering pusing
  • Mata mengeluarkan lendir
  • Pegal terlebih pada bagian mata.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT