ADVERTISEMENT

Senin, 08 Agu 2022 09:15 WIB

Bayi Meninggal Usai Diajak Naik Motor Tegal-Surabaya, Dokter Ungkap Risikonya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
bayi sakit Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Viral bayi berusia 6 bulan meninggal dunia setelah diajak kedua orang tuanya naik motor dari Tegal ke Surabaya untuk menonton pertandingan bola. Dokter spesialis anak dr Kurniawan Satria Denta, M.Sc, SpA, menyebut hal ini sangat berisiko untuk bayi.

"Usia bayi adalah usia yang sangat rentan cedera kepala, leher, tulang belakang, 30 persen bobot bayi ada di kepalanya dengan leher yang belum mampu menopang kepala secara biomekanik, kepala bayi jadi seperti bandul yang bisa berayun tanpa tahanan yang cukup," kata dr Kurniawan seperti yang dikutip dari akun Twitter @sdenta atas izin bersangkutan, Senin (8/8/2022).

"Akhirnya risikonya sangat tinggi untuk cedera kepala berat, pendarahan otak dan lain-lain, bayi diayun-ayun aja bisa risiko shaken baby syndrome apalagi kalau naik motor," imbuhnya.

Tak hanya cedera kepala, beberapa cedera di bagian tubuh lainnya juga berpotensi terjadi, seperti patah rusuk, pendarahan rongga perut, dan lain-lain. Ini terjadi karena gerak bayi belum bebas, sehingga saat dibonceng belum bisa memperbaiki posisi tubuhnya.

"Risikonya tidak hanya cedera kepala tapi juga trauma multiple alias cedera di beberapa bagian tubuh yang terjadi bersamaan misal patah rusuk tungkai pendarahan rongga perut dan lain-lain," jelasnya.

dr Kurniawan juga menjelaskan bahwa bayi bisa mengalami hipotermia atau kedinginan lantaran hembusan angin saat naik motor. Akibatnya, bayi bisa mengalami gangguan pernapasan hingga kesadaran.

"Risiko lainnya yang dapat terjadi pada bayi adalah hipotermia atau kedinginan. Bayi nggak boleh kedinginan. Bayi dengan hipotermia resiko tinggi untuk mengalami gangguan pernapasan metabolisme sampai gangguan kesadaran," terang dr Kurniawan.

Lantas, bayi tidak bisa berpergian?

Menurut dr Kurniawan, bayi tetap boleh bepergian selama kondisinya baik, sehat, nyaman, dan aman. Namun, ia tetap tidak merekomendasikan bayi diajak naik motor, baik jarak dekat maupun jauh.



Simak Video "Dokter Bicara soal Viral Bayi 6 Bulan Meninggal Usai Dibawa Ortu Motoran"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT