ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Agu 2022 06:00 WIB

5 Pemicu Serangan Jantung yang Tanpa Sadar Sehari-hari Dilakukan

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Ilustrasi lambang cinta atau jantung Ilustrasi sakit jantung (Foto: Getty Images/Eoneren)
Jakarta -

Kebiasaan yang kita lakukan setiap hari cenderung akan menjadi pola hidup. Pola hidup sehat akan membuat jantung kita juga sehat.

Dikutip dari Peconic Bay Medical Center Health, kunci dari jantung yang sehat adalah menjaga kardiovaskular. Namun, terdapat kebiasaan pola hidup yang sering dilakukan serta berpotensi memicu serangan jantung.

Berikut 5 kebiasaan buruk yang dapat memicu serangan jantung

1. Merokok

Meskipun kebanyakan orang sudah mengetahui risiko dari merokok, tetapi hal ini masih dilakukan dan menjadi kebiasaan sehari-hari. Merokok dapat menimbulkan gangguan bagi pembuluh darah arteri yang ada di jantung. Ada baiknya untuk segera berhenti merokok demi jantung yang sehat.

2. Kurangnya aktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat dilakukan dengan cara jalan, lari, jogging, hingga olahraga untuk membantu mengatur aliran darah dan detak jantung. Jika kita tidak menggerakkan tubuh dalam satu hari, maka detak jantung kita akan cenderung melambat.

Selain itu, olahraga dapat memperkuat sirkulasi jantung. Lakukan rutinitas olahraga selama 30 menit sehari, agar jantung tetap terjaga.

3. Berat badan yang berlebihan

Orang yang memiliki berat badan berlebih, terutama lemak yang terletak di bagian perut tubuh akan berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung. Hal ini dikarenakan lemak tersebut akan menyumbat pada saluran pencernaan serta menghambat proses aliran darah yang sedang menuju ke jantung.

Ada baiknya kurangi berat badan, agar sistem pencernaan tubuh dapat berjalan lancar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Waspadai Penyakit Jantung pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT