ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Agu 2022 08:28 WIB

Salah Satunya Diidap Olivia Newton-John, Kenali 5 Metastasis Kanker Payudara

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jaket Olivia Newton-John Olivia Newton-John (Foto: ist)
Jakarta -

Penyanyi kondang di era 1970-an, Olivia Newton-John meninggal dunia di usia 73 tahun. Kematiannya itu diumumkan langsung oleh suaminya, John Easterling melalui postingan Instagram.

"Olivia telah menjadi simbol kemenangan dan harapan selama lebih dari 30 tahun berbagi perjalanannya dengan kanker payudara," tulis Easterling.

Penyanyi sekaligus pemain film itu diketahui memiliki riwayat kanker payudara yang metastasis hingga ke tulang belakang. Pada tahun 2018, ia menjalani sejumlah perawatan untuk kanker di bagian dasar tulang belakang. Perawatan tersebut merupakan diagnosis kankernya yang ketiga menyusul serangan kanker payudara pada 1990-an dan 2017.

Sebagai informasi, kanker payudara yang kambuh dan menyebar disebut kanker payudara metastatik, dan sulit diobati. Menurut American Cancer Society (ACS), orang dengan kanker stadium 4 memiliki peluang 22 persen untuk bertahan hidup lima tahun setelah diagnosis mereka.

Adapun lokasi penyebaran kanker payudara yang metastasis bisa di lokasi bagian tubuh yang berbeda-beda. Dikutip dari WebMD, Selasa (9/8/2022), berikut informasinya.

Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening di bawah lengan dan di dalam payudara merupakan salah satu tempat pertama penyebaran kanker payudara. Biasanya dokter harus memeriksa kelenjar getah bening untuk memastikan apakah lokasi tersebut berpengaruh atau tidak.

Mengingat getah bening berfungsi mengalirkan bakteri dan hal-hal berbahaya lainnya dari tubuh. Juga, seseorang kemungkinan tidak merasakan gejala jika kanker payudara menggerogoti kelenjar ini.

Tulang

Ketika kanker sudah menjalar ke tulang, gejala yang dirasakan pengidap biasanya berupa rasa sakit. Ini dapat mempengaruhi tulang apapun, termasuk tulang belakang, lengan, dan kaki.

Apabila kanker payudara sudah terkena tulang belakang, kondisi ini bisa menyebabkan masalah dengan inkontinensia. Begitu juga pengidap kemungkinan akan mengalami mati rasa atau kelemahan di bagian tubuh lainnya, seperti lengan atau kaki.

Hati

Kanker payudara yang menyebar ke hati biasanya dapat memicu gejala rasa sakit di perut yang tak kunjung hilang. Termasuk juga rasa kembung atau kenyang.

Selain itu, pengidap kemungkinan juga mengalami kehilangan nafsu makan hingga mata dan kulitnya menguning. Ini terjadi karena fungsi hati tak bekerja dengan baik.

Simak Video 'Perjuangan Olivia Newton-John Melawan Kanker Payudara Sebelum Meninggal':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT