ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 14:06 WIB

Dialami Hotman Paris Sampai ke UGD, Begini Tanda Jika Alami Alergi Sampo

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Hotman Paris laporkan Iqlima Kim. Hotman Paris. (Foto: Hanif/detikHOT)
Jakarta -

Baru-baru ini, pengacara kondang Hotman Paris mengungkapkan dirinya mengalami alergi sampo yang membuat wajahnya bengkak dan mata memerah. Akibatnya, ia sempat dilarikan ke UGD untuk menangani keluhan yang dirasakannya.

"Memang benar tadi pagi saya ke UGD karena mata saya bengkak, alergi. Karena tadi malam saya pakai sampo yang juga sekaligus penghitam rambut. Sebelumnya, saya sudah pakai jenis sampo itu dua kali, gak apa-apa," jelas Hotman dalam postingan Instagram pribadinya, yang dilihat detikcom pada Rabu (10/8/2022).

"Tapi, tadi malam gue pake, paginya mata gue bengkak kalau alergi. Tapi sesudahnya saya makan obat alergi enam jam, ini sudah baikan lagi. Sehat wal a'fiat, tidak dirawat dan sekarang mau rapat," sambungnya.

Tak hanya makanan dan obat-obatan, sampo juga bisa memicu alergi pada tubuh. Meski tidak lama bersentuhan dengan kulit kepala atau area kulit lainnya, ini termasuk salah satu penyebab utama dermatitis kulit kepala.

Gejala Alergi Sampo

Dikutip dari laman VeryWell Health, gejala alergi sampo mungkin tergantung pada bahan kimia yang terkandung di dalam produknya. Gejala paling umum biasanya muncul antara 24 hingga 48 jam setelah produk digunakan.

Gejala alergi sampo yang bisa muncul, meliputi:

  • Kulit merah di leher, wajah, tubuh, bagian atas, dan tangan
  • Bercak bersisik di kulit kepala, wajah, telinga, dan punggung tangan
  • Lepuh berair
  • Rasa terbakar dan gatal yang hebat
  • Pembengkakan pada wajah dan mata
  • Gatal-gatal
  • Sensitivitas matahari

Jika gejala-gejala di atas muncul dalam waktu 24-48 jam, segera hentikan penggunaan produk sampo. Disarankan untuk segera mendapatkan perawatan medis jika gejala mulai terlihat, terutama jika itu berlangsung lebih dari 1-2 minggu.



Simak Video "Si Kecil Alergi, Berikut Cara Jaga Imunitasnya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT