ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 20:18 WIB

Fungsi Tren 'Mouthtaping' Tempel Plester di Mulut, Bisa Betulin Bentuk Muka?

Irene Putri - detikHealth
sad girl with self-adhesive tape over her mouth Ilustrasi viral plester mulut saat tidur. (Foto: iStock)
Jakarta -

'Mouthtaping' merupakan metode menempelkan plester di mulut untuk menghindari ngorok sepanjang tidur. Metode ini tengah ramai menjadi perbincangan warga Tiktok. Dengan cara ini, mulut tak bakal menganga saat tidur sehingga dengkur keras bisa teratasi.

Namun mouthtaping tidak dapat dilakukan sembarangan. Orang yang akan menggunakan mouthtaping harus memiliki sistem pernapasan yang lancar serta tidak ada gangguan pernapasan seperti sinusitis. Juga beredar kabar, fungsi lain dari mouthtaping yakni memperbaiki struktur wajah.

Mouthtaping Betulan Bisa Memperbaiki Struktur Wajah?

Praktisi Kesehatan Tidur Sleep Disorder Clinic dari Mitra Keluarga Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT atau yang akrab disapa 'dr Ade' menjelaskan bahwa mouthtaping tidak dapat memperbaiki postur wajah.


"Mouthtaping tidak bisa memperbaiki struktur wajah, tapi tidak ada salahnya kalau dilakukan pada anak-anak yang masih sangat muda," tutur dr Ade pada detikcom, Selasa (10/8/2022).

"Tapi fungsi utamanya kan fungsi hidung yang harus diperbaiki. Kalau anak-anak bernafas dari mulut, ini akan mengganggu struktur midface (wajahnya) karena memang penanganannya bukan hanya mulut yang dirapatkan, tetapi fungsi hidung juga harus diperbaiki," sambungnya.

Midface terletak di bagian tengah wajah, yaitu pipi pertengahan hingga atas. Tepat di bawah kelopak mata bagian bawah.

Selain itu, mouthtaping yang dilakukan oleh orang dewasa tidak akan berdampak buruk asalkan sistem pernapasan tidak terganggu.

"Nggak apa-apa kalau orang dewasa nggak masalah. Hidung mampet kan masih bisa napas lewat mulut, kalau di mouthtaping nggak bisa napas, tinggal buka aja," pungkas dr Ade.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT