ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 19:32 WIB

COVID-19 RI 'Ambyar' Lagi, Kemenkes Ungkap Nasib Sekolah Tatap Muka

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ada Kasus Positif COVID-19 di SMPN 85 Jakarta, 30 Siswa di Tes PCR Foto: Nahda Rizki Utami/ detikcom
Jakarta -

Kasus harian COVID-19 di Indonesia belakangan tengah 'ngegas' lagi, bahkan menembus 5 ribu kasus pada Rabu (10/8/2022). Tentunya kondisi seperti ini membuat banyak orang tua yang khawatir lantaran sekolah kini sudah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM). Lantas, bagaimana nasibnya?

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril menilai, sekolah tatap muka atau PTM masih aman bagi anak-anak. Hal Ini ditekan dengan penerapan protokol kesehatan hingga faktor PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang diperketat di sekolah.

Begitu juga sudah banyak anak-anak yang mendapatkan vaksinasi primer (dosis satu dan dua), yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga mencegah risiko gejala berat COVID-19.

"Nggak ada masalah, kan kita protokol kesehatan, kedua vaksin, dan juga faktor PHBS agar ini diperketat dan juga harus diawasi oleh sekolah sendiri, termasuk kantin-kantin di sekolah. Karena sekarang bukan hanya COVID kan, ada monkeypox, hepatitis, dan seterusnya," ucapnya.

Meskipun demikian, Syahril berpesan agar sekolah tetap mengawasi, termasuk kantin-kantin di sekolah. Sebab selain COVID-19, masih ada penyakit lainnya seperti cacar monyet dan hepatitis.



Simak Video "KuTips: Jurus Menghindari Hepatitis Misterius Saat PTM"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT