ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 21:15 WIB

Mengenal Penyakit Flu Perut: Gejala, Penyebab, hingga Cara Pencegahannya

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Ilustrasi Sakit Perut Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/torwai
Jakarta -

Gastroenteritis atau disebut flu perut adalah penyakit akibat iritasi pada usus kecil ataupun usus besar. Flu perut bukan disebabkan oleh influenza, namun umumnya disebabkan oleh virus yang biasanya menjadi penyebab diare, sakit perut, maupun mual.

Flu perut merupakan salah satu penyakit yang penularannya cukup mudah. Umumnya, mereka yang tertular flu perut karena sebelumnya telah melakukan kontak erat dengan pasien pengidap flu perut.

Dikutip dari Cleveland Clinic, gejala penyakit flu perut bermacam-macam dan mungkin setiap orang bisa berbeda. Bahkan, beberapa orang mengalami gejala yang cukup serius. Simak informasinya berikut ini.

Gejala Flu Perut

Gejala paling umum dari penyakit flu perut adalah diare. Hal tersebut karena penyebab dari penyakit flu perut adalah virus yang menyebabkan diare. Virus penyebab flu perut juga mengganggu reabsorpsi dan memicu diare sekretorik, sehingga menyebabkan tinja menjadi cair. Tak hanya itu beberapa gejala lain dari flu perut antara lain:

  • Sakit perut atau kram
  • Mual dan muntah
  • Demam
  • Sakit kepala dan sakit badan

Pada beberapa orang, gejala flu perut juga ditandai dengan adanya dehidrasi pada pasien. Tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi ketika terserang flu perut adalah:

  • Rasa haus yang ekstrim
  • Keluaran urine lebih sedikit dari biasanya
  • Urine berwarna lebih gelap
  • Pipi atau mata cekung
  • Pusing saat berdiri
  • Kelelahan umum

Tips Mencegah Flu Perut

Berikut beberapa tips dalam mencegah seseorang atau keluarganya terkena flu perut, seperti:

1. Mencuci Tangan dengan Benar

Virus penyebab flu perut dapat menyebar melalui media apapun, seperti perabotan rumah, makanan, hingga kontak langsung dengan pasien flu perut. Sangat penting untuk mencuci tangan dengan benar setelah dari kamar mandi dan sebelum makan.

2. Memakan Makanan yang Bersih

Seseorang bisa terkena flu perut dari makanan atau air yang terkontaminasi dengan virus penyebab flu perut. Selalu bersihkan permukaan dapur dengan disinfektan, terutama ketika telah memasak daging atau telur. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci buah dan sayur sebelum dimakan.

3. Membersihkan Area Rumah

Selalu bersihkan area yang telah disentuh atau dipegang oleh pasien flu perut. Pastikan untuk menggunakan disinfektan ketika membersihkan area di mana orang sakit muntah dan mengalami diare. Bila perlu cuci cucian orang yang mengalami flu perut menggunakan air panas dan keringkan dengan panas tinggi.

Pastikan tubuh selalu terhidrasi ketika mengalami flu perut agar tubuh tidak kekurangan cairan. Segera hubungi dokter jika pasien flu perut mengalami demam tinggi, diare berdarah, atau gejala lainnya yang tidak kunjung membaik selama beberapa waktu.



Simak Video "'Flu Perut', Penyakit yang Tak Ada Hubungannya dengan Virus Influenza"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT