ADVERTISEMENT

Kamis, 11 Agu 2022 09:06 WIB

Panas Dingin-Lemas Nyaris Pingsan, Mungkinkah karena Kolesterol Tinggi Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi Foto: Getty Images/iStockphoto/nalinratphi
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya mau bertanya Dok...

Saya mengalami panas dingin dan rasanya ingin pingsan, lemas, dan tidak berdaya. Muka saya juga pucat. Waktu diperiksa, kolesterol saya sekitar 215-216. Saya juga mengalami gejala mual Dok. Ini sebenarnya kenapa ya Dok?

Usman (pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Gejala panas dingin, lemas dan seperti ingin pingsan, kemungkinan besar menunjukkan adanya infeksi yang sedang berlangsung. Bisa karena virus atau karena bakteri. Apakah ini berhubungan dengan tingginya kadar kolesterol. Kemungkinan adalah dua hal yang berbeda.

Mual juga bisa terjadi pada orang yang sedang menderita infeksi virus.
Bila perut dirasakan sakit, perlu juga diperiksa apakah ada infeksi di saluran pencernaan atau di saluran kemih.

Semoga saat ini kondisi sudah lebih baik dan tidak lagi panas dingin dan lemas. Bila masih sakit, sebaiknya datang kembali ke dokter terdekat untuk periksa lebih seksama.

Sebaiknya juga diperhatikan gaya hidup. Misalnya tidak merokok, rajin berolahraga dan makan-makanan yang sehat. Juga upayakan berat badannya dalam batas yang ideal, antara lain dengan menghitung BMI (ideal 22-25) atau lingkar panggul (ideal 80-88 cm untuk laki-laki). Juga bisa cek ulang lagi kadar kolesterolnya setelah 3-6 bulan.

dr Eddy Wiria, PhD

Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT