ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 11:30 WIB

Baru Ngevape 3 Bulan, Pria 18 Tahun Kena Radang Paru! Begini Penampakannya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi vape Penampakan pria 18 tahun kena radang paru gegara vape. (Foto: iStock)
Jakarta -

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) mengungkap seorang pasien pengguna vape tiga bulan ditemukan mengalami radang paru. Pasien tersebut berusia 18 tahun dan mendatangi fasilitas kesehatan dengan keluhan sesak napas.

Setelah diperiksa, terlihat jelas penampakan paru-paru pasien dengan kondisi radang paru atau pneumonia.

"Pada kasus primer di Indonesia, yang penggunanya, ini kasus pasien saya sendiri juga, usia 18 tahun datang ke RS sesak napas tiga minggu. Dia pengguna vape tiga bulan, nggak ada asma, nggak ada TB," cerita dia dalam konferensi pers Komnas Pengendalian Tembakau Jumat (12/8/2022).

Pasien yang terkena radang paruPasien yang terkena radang paru Foto: Tangkapan Layar YouTube Komnas Pengendalian Tembakau

Pasien disebut tidak memiliki riwayat penyakit apapun, baik asma maupun tuberkulosis (TB). Hal ini menandakan risiko penggunaan vape tidak kalah berbahaya seperti rokok konvensional.

dr Agus juga menyoroti temuan kasus radang paru pada pasien yang terpapar uap dari rokok elektronik di wanita 21 tahun asal Cirebon. Artinya, tidak hanya perokok elektronik, tetapi mereka yang terpapar uap vape mengalami risiko berbahaya yang serupa.

Ia juga sempat menangani pasien 17 tahun yang mengonsumsi rokok konvensional dan vape sekaligus. Nyatanya, pasien yang sebelumnya dalam kondisi sehat dan tidak ada riwayat penyakit, berakhir terkena asma.

"Ini kasus saya baru seminggu yang lalu, datang dengan sesak napas untuk batuk, tidak punya riwayat TBC, tidak punya asma, saya foto gambarannya," sambungnya.

"Foto rontgen ada tampak emfisematous, terjadi penyempitan saluran napas kalau tidak asma, dan dia dual user, vape dan rokok elektronik," pungkas dia.

Pasien mengidap asma di Indonesia karena vape dan rokokPasien mengidap asma di Indonesia karena vape dan rokok Foto: Tangkapan Layar YouTube Komnas Pengendalian Tembakau


Simak Video "Kemenkes Ungkap Uang Belanja Rokok Lebih Tinggi Daripada Makanan Bergizi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT