ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 17:40 WIB

Update! Total 19 Kasus Suspek Cacar Monyet di RI, Ini Hasilnya

Alethea Pricila - detikHealth
Apa Itu Cacar Monyet, Kini Ditetapkan Jadi Darurat Kesehatan Global Foto: Getty Images/iStockphoto/turk_stock_photographer
Jakarta -

Juru bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril mengungkap hingga Jumat (12/8/2022) sudah ada 19 kasus suspek cacar monyet. Hasil tes menunjukkan seluruh pasien belakangan dinyatakan negatif atau masuk kategori discarded, artinya dikesampingkan dari infeksi cacar monyet.

Sebelumnya, wanita lansia 61 tahun asal Cilegon dilaporkan menjadi pasien suspek cacar monyet, termasuk dari 19 kasus tersebut. Menurut Syahril, yang bersangkutan kini dipastikan tak terinfeksi cacar monyet.

"Negatif cacar monyet. Positif cacar air," kata Syahril kepada detikcom, menjelaskan hasil tes PCR lansia tersebut, Kamis (11/8/2022).

Kasus suspek cacar monyet di Cilegon bermula dari informasi dari Instagram Puskesmas Pulo Merak (@puskesmas.pulomerak). Berdasarkan keterangan pihak puskesmas, pasien suspek cacar monyet tersebut sempat diambil sampel melalui darah dan cairan dari lesi yang ada di tubuh. Pemeriksaan dilakukan karena adanya keluhan gejala yang menyerupai cacar monyet.

Gejala yang Dialami

Maxi Rein Rondonuwu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI menjelaskan gejala yang dialami sejumlah pasien suspek cacar monyet adalah demam hingga ruam di badan.

"Gejala ruam dan vesikel terutama di badan, timbul sejak 5 Agustus diawali dengan panas. Sudah diambil sampel dan dikirim ke lab BKPK," jelasnya ketika dihubungi detikcom, Rabu (10/8/2022).

Sebagai informasi, laporan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), saat ini sudah ada lebih dari 31 ribu kasus cacar monyet di seluruh dunia. Sejumlah negara ASEAN seperti Filipina, Singapura, dan Thailand juga telah melaporkan kasus cacar monyet ini. Gejala lain yang dirasakan banyak pasien meliputi:

  • Demam
  • Menggigil
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Nyeri otot
  • Mudah lelah
  • Sakit kepala
  • Gangguan pernapasan (hidung tersumbat, sakit tenggorokan, atau batuk).

Gejala ini akan berlangsung selama 3 minggu setelah terpapar virus. Dikutip dari situs resmi CDC, jika seseorang memiliki gejala seperti flu, biasanya akan diikuti dengan ruam 1 hingga 4 hari kemudian. Penyakit ini berlangsung selama 2 hingga 4 minggu.



Simak Video "Fakta-fakta Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT