ADVERTISEMENT

Sabtu, 13 Agu 2022 16:02 WIB

Peneliti Swedia Bikin Implan Mata dengan Kulit Babi, 'Sembuhkan' 14 Tuna Netra

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi Babi Foto: Getty Images/iStockphoto/dusanpetkovic
Jakarta -

Peneliti Swedia berhasil mengatasi kebutaan dan gangguan penelitian yang parah pada manusia dengan membuat implan mata dari kulit babi. Ini dilakukan para peneliti dari Linköping University di Swedia dan Tehran University of Medical Sciences.

Implan mata ini berhasil dipasang pada 20 pasien dari Iran dan India yang mengalami kerusakan kornea atau lapisan pelindung luar mata. Sebanyak 14 dari 20 orang pasien itu mengalami kondisi buta atau tidak bisa melihat.

Dikutip dari Insider, para peneliti menggunakan kulit babi sebagai bahan untuk menebalkan dan melindungi kornea, sehingga bisa berfungsi dengan baik.

Menurut salah satu peneliti, profesor oftalmologi eksperimental Linköping University Neil Lagali, implan mata yang dihasilkan sangat efektif. Bahkan tiga pasien memiliki penglihatan sempurna usai operasi.

Selain itu, 19 dari 20 pasien yang terlibat berhasil mendapatkan penglihatan yang lebih baik dari sebelumnya.

Sejak dua tahun tindakan itu dilakukan, tubuh pasien juga tidak menolak adanya implan dan tidak juga mengalami komplikasi lain. Bahkan sebagian besar penglihatan pasien menjadi semakin membaik.

"Kolagen dari kulit babi adalah produk sampingan dari industri makanan. Ini membuatnya tersedia lebih luas dan lebih mudah didapat," ungkap Lagali yang dikutip dari Insider, Sabtu (13/8/2022).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pasien Pertama Penerima Cangkok Jantung Babi Meninggal, Ini Kata Ahli"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT