ADVERTISEMENT

Minggu, 14 Agu 2022 07:46 WIB

Disebut Bakal Kehilangan Satu Mata, Seberapa Parah Kondisi Salman Rushdie?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
In this file photo taken on September 10, 2018, British author Salman Rushdie poses during a photo session in Paris. - Rushdie, whose controversial writings made him the target of a fatwa that forced him into hiding, was stabbed in the neck by an attacker on stage Friday in western New York state, according to New York State Police. The attacked is in custody. (Photo by JOEL SAGET / AFP) Salman Rushdie, penulis novel Ayat-ayat Setan, ditikam. (Foto: AFP/JOEL SAGET)
Jakarta -

Heboh penulis buku The Satanic Verses atau Ayat-ayat Setan, Salman Rushdie, ditikam pria tak dikenal hingga berakhir dirawat di rumah sakit. Ia ditikam berulang kali saat memberikan materi soal kebebasan artistik di Chautauqua Institution, New York. Motif di balik serangan tersebut masih didalami.

Dikutip dari CNN, setelah menjalani berjam-jam operasi, Salman Rushdie masih menggunakan ventilator dan tidak bisa berbicara, Menurut keterangan agennya, Andrew Wylie yang mengurus buku dan penerbitan Salman, novelis itu kemungkinan akan kehilangan matanya.

Tidak hanya itu, ia juga mengalami kerusakan saraf di lengan dan luka di bagian hati. "Saraf di lengannya terputus, hatinya ditusuk, dan rusak," tambah Wylie.

Salman Rushdie sempat diberikan perawatan medis oleh dokter yang juga hadir dalam agenda terbuka di New York, sebelum akhirnya tim medis untuk respons gawat darurat tiba. Menurut New York Times, dia ditikam sebanyak 10 kali.

Adalah tiga luka tusukan di sisi kanan depan leher, empat luka tusuk di perut, lalu di bagian mata kanan, dada, dan luka robek di paha kanannya, demikian informasi Chautauqua County District Attorney Jason Schmid.

"Rushdie mungkin kehilangan mata kanannya," sebut mereka.

Seberapa Fatal Luka Tusuk?

Dikutip dari Fairview, luka tusuk biasanya menyebabkan lubang kecil di kulit, tetapi bisa sangat dalam. Akibatnya, saraf, tendon, pembuluh darah, hingga organ bisa terluka. Cedera yang dalam bahkan kerap tidak teridentifikasi pada pemeriksaan luka pertama.

Penyedia layanan darurat dan perawatan kesehatan lainnya merekomendasikan penanganan medis darurat jika luka tusuk dilaporkan menembus kepala, dada, atau perut. Begitu juga jika diikuti kondisi perdarahan hebat hingga tidak bisa dikendalikan oleh tekanan langsung.

Jika tidak segera diatasi, ada kemungkinan terjadi infeksi bahkan muncul risiko fatal.

Tanda-tanda terjadi infeksi:

Rasa sakit luar biasa pada luka
Demam 38 derajat Celcius atau lebih tinggi
Kemerahan atau pembengkakan pada luka, atau nanah yang berasal dari luka.

Siapa Itu Salman Rushdie?

Salman Rushdie dikenal dengan novel 'Ayat-ayat Setan' yang disebut menghina Nabi Muhammad. Novel keempatnya tersebut menceritakan tokoh utama bernama Mahound atau yang dipercaya kemungkinan besar Nabi Muhammad. Sebagian ceritanya memang terinspirasi dari kisah Nabi, tetapi bagi umat muslim novel tersebut dinilai penuh SARA.

Simak Video 'Penulis 'Ayat-ayat Setan' Salman Rushdie Kritis, Dipakaikan Ventilator':

[Gambas:Video 20detik]






Simak Video "Peringati Maulid Nabi Muhammad Sekaligus Peresmian Posko Makassar Recover Center"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT