ADVERTISEMENT

Senin, 15 Agu 2022 06:17 WIB

Kondisi Terkini Salman Rushdie, Penulis 'Ayat-ayat Setan' Ditikam Berulang Kali

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Siapa Salman Rushdie? Salman Rushdie merupakan novelis yang ditusuk oleh orang tak dikenal di New York, Amerika Serikat (AS). Foto: AP Photo/Rogelio V. Solis, File
Jakarta -

Penulis kontroversial Salman Rushdie dirawat di rumah sakit sejak Jumat (12/8/2022) akibat ditikam berulang kali saat mengisi materi di Chautauqua Institution di barat New York, Amerika Serikat. Ia sebelumnya terluka cukup parah hingga diprediksi kemungkinan kehilangan mata kanannya.

Namun, agennya, Andrew Wylie, yang membantu penerbitan dan percetakan buku-buku Salman menyebut kondisinya sudah membaik pada Minggu (14/8). Ventilator sudah tidak lagi digunakan dan tampaknya pemulihan berjalan baik.

"Dia tidak lagi menggunakan ventilator, jadi jalan menuju pemulihan telah dimulai," jelas Andrew Wylie, dikutip dari Channel News Asia.

"Penyembuhannya akan membutuhkan waktu lama, lukanya parah, tetapi kondisinya saat ini cukup baik."

Pria berusia 24 tahun, Hadi Matar dari Fairview, New Jersey menikam penulis kelahiran India, dan mengaku tidak merasa bersalah atas percobaan pembunuhan dan penyerangan Salman Rushdie. Buku The Satanic Verse atau Ayat-ayat Setan memicu kemarahan umat muslim karena dinilai melanggar SARA, buku keempatnya tersebut menceritakan tokoh utama bernama Mahound atau yang dipercaya kemungkinan besar Nabi Muhammad.

Pasca ditikam 10 kali, Salman Rushlie menjalani operasi selama berjam-jam dan menggunakan ventilator hingga tidak dapat berbicara. Ia mengalami kerusakan saraf di lengan hingga hatinya.

Sementara kini, salah satu putra Rushdie mengatakan ayahnya dapat mengucapkan beberapa patah kata setelah lepas dari ventilator.

"Kami sangat lega kemarin dia melepas ventilator dan oksigen tambahan dan bisa mengucapkan beberapa patah kata," tulis Zafar Rushdie di Twitter.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT