ADVERTISEMENT

Senin, 15 Agu 2022 17:01 WIB

Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Asam Urat Pada Tangan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Womans leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home Cara mengatasi asam urat pada tangan (Foto: iStock)
Jakarta -

Seperti apa sih gejala dan cara mengatasi asam urat pada tangan? Mengingat, penyakit asam urat atau gout sendiri adalah salah satu jenis radang sendi yang kerap terjadi lantaran adanya penumpukan kristal asam urat atau uric acid. Kondisi ini bisa terjadi pada area sendi mana pun, seperti pergelangan kaki, jari kaki, lutut, siku, hingga pergelangan tangan.

Asam urat biasanya larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun pada kondisi tertentu, asam urat juga bisa menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah tinggi.

Apabila kadar asam urat di dalam darah sudah berlebihan, ini akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Menurut American Society for Surgery of the Hand, kristal ini akan memicu peradangan pada sendi, sehingga pengidap akan mengalami gejala nyeri, bengkak, sensasi panas, merah, bahkan sendi sulit untuk digerakkan.

Cara Mengatasi Asam Urat pada Tangan

Ketika seseorang sudah mengalami sejumlah gejala asam urat, biasanya dokter akan memberikan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti colchicine atau ibuprofen untuk mengurangi gejala pembengkakan kemerahan, dan rasa sakit yang tak tertahankan. Pil dan suntikan steroid juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat dengan baik.

Adapun penggunaan obat-obatan tersebut harus digunakan sesuai kebutuhan dan mengikuti instruksi dokter. Kondisi seperti ini tidak boleh disepelekan lantaran peradangan akibat asam urat dapat menyebabkan kerusakan pada sendi dan tendon. Pembentukan kristal pada tendon dapat menyebabkan kulit menjadi rusak, yang bisa memicu infeksi. Selain itu, tendon juga bisa robek dan menyebabkan hilangnya fungsi.

Selain penggunaan obat-obatan, ada juga sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala. Dikutip dari National Health Service, berikut caranya.

  • Istirahat
  • Menjaga agar persendian tetap dingin. Bisa kompres menggunakan es atau sekantong kacang polong beku yang dibungkus dengan handuk selama 20 menit setiap kali.
  • Minum banyak air putih
  • Cobalah menjauhkan sprei dari sendi yang terkena asam urat di malam hari
  • Jangan menekan sendi yang bengkak akibat asam urat


Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT