ADVERTISEMENT

Senin, 15 Agu 2022 17:31 WIB

Beda Klepto Vs Pencuri, Viral Wanita Ngaku Tak Sadar Bawa Cokelat di Alfamart

Alethea Pricila - detikHealth
Seorang karyawati Alfamart, Amelia, pergoki seorang wanita pengemudi Mercy bernama Mariana yang diduga mencuri coklat pada Sabtu (13/08) pukul 10.30 WIB di Alfamart Sampora, Tangerang Selatan. Menurut pihak Alfamart, Amelia yang memergoki Mariana kemudian dipaksa buat video klarifikasi karena diancam UU ITE. Foto: 20Detik
Jakarta -

Baru-baru ini, viral seorang wanita yang terciduk mencuri cokelat di Alfamart. Melalui video baru yang tersebar di media sosial, pegawai Alfamart itu akhirnya meminta maaf lantaran diancam UU ITE oleh wanita yang mencuri cokelat.

Tindakan ini sontak membuat netizen geram dan menganggap wanita tersebut mengidap kleptomania. "Fix klepto," respons salah satu netizen.

"Ini karena ulah pengacara si klepto itu, dia harus minta maaf," komentar yag lain.

Beda Mencuri karena Kleptomania

Kleptomania adalah kondisi gangguan kejiwaan yang dialami seseorang saat memiliki dorongan untuk mencuri atau mengambil barang-barang yang tidak mereka butuhkan.

Benda yang dicuri oleh orang dengan kleptomania umumnya memiliki nilai yang kecil bagi mereka. Menurut psikiater dr Lahargo Kembaren, SpKJ dari RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, orang klepto biasanya akan menghindari untuk mencuri ketika menyadari adanya risiko penangkapan yang tinggi.

"Orang dengan kleptomania biasanya tidak merencanakan pencurian mereka, tetapi mereka umumnya akan menghindari mencuri ketika risiko penangkapan tinggi. Mereka biasanya merasa tertekan atau bersalah atas pencurian setelah terjadi," jelasnya kepada detikcom, Senin (15/8/2022).

Namun, bukan berarti setiap orang yang hendak mencuri mengidap kleptomania karena butuh pemeriksaan lebih lanjut. Mulai dari wawancara klinis hingga penilaian kejiwaan kepribadian atau Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).

"Menentukan seseorang mengalami gangguan kleptomania atau tidak membutuhkan pemeriksaan psikiatri yang komprehensif. Pemeriksaan dilakukan oleh seorang psikiater," tegasnya.

Kuasa hukum wanita bernama Mariana yang terciduk mencuri cokelat, H Amir, menjelaskan Marina tidak sadar dan sempat kebingungan mengapa cokelat itu tiba-tiba ada di dalam tasnya.

"Kejadian ini sudah dua hari yang lalu. Nah ibu ini Ibu Mariana pergi ke Alfamart, ibu membeli sesuatu. Nah ibu tanpa sadar pemikiran banyak ada beban banyak yang harus dia pikirkan ibu tidak sadar cokelat itu ada masuk di dalam tasnya," ujar Amir saat dihubungi detikcom, Senin (15/8/2022).



Simak Video "Viral Wanita Ambil Cokelat di Alfamart, Dikaitkan dengan Kleptomania"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT