ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 14:03 WIB

Curhat Wanita Kena Cacar Monyet, Ngaku Tertular dari Uang Kotor di SPBU

Vidya Pinandhita - detikHealth
Tangkapan layar konten Tiktok Camille Seaton Foto: Tangkapan layar konten Tiktok Camille Seaton
Jakarta -

Marak beredar informasi bahwa cacar monyet yang kini mewabah terkonsentrasi pada kelompok pria yang berhubungan seks dengan sesama pria atau bergonta-ganti pasangan. Namun seorang wanita di Georgia, Amerika Serikat, meluruskan narasi tersebut. Lewat Tiktoknya, ia membagikan kisah mirisnya terpapar cacar monyet.

Wanita tersebut bernama Camille Seaton (20). Awalnya pada pertengahan Juli, Seaton merasa tidak sehat dan segera dilarikan ke rumah sakit. Kemudian, ia mulai melihat lepuh pecah di wajahnya.

Seaton kemudian tercengang setelah beroleh hasil tes positif terinfeksi cacar monyet. Ia mengetahui, penyakit tersebut kini menjadi darurat kesehatan di AS.

Seaton merupakan wanita pertama yang secara resmi didiagnosis cacar monyet di kawasan Peach State. Sehari-hari, Seaton bekerja sebagai petugas di tempat pengisian bensin. Ia yakin, dirinya tertular virus cacar monyet gegara sering memegang uang kotor dalam pekerjaan sehari-hari.

Ia menghabiskan waktu dua minggu untuk isolasi, sembari terus-menerus merasakan kesakitan imbas infeksi cacar monyet. Sementara putrinya yang masih berusia tiga tahun dirawat oleh anggota keluarga lainnya.

"(Lepuh pada wajahnya) gatal. Muncul nyeri sendi. Ada sakit kepala yang menyiksa. Seperti pingsan. Anda harus melalui banyak hal bahkan sebelum Anda memulai proses penyembuhan," beber Seaton.

"Saya di sini memberi tahu Anda lagi bahwa seks bukanlah satu-satunya cara untuk tertular virus ini. Ya, kebanyakan pria yang mendapatkannya, saya hanya wanita pertama yang mendapatkannya di negara bagian Georgia. Tetapi semua orang berbeda," tegasnya.

Terakhir Seaton mengingatkan, cacar monyet yang kini mewabah bukanlah candaan semata. Tak melulu cacar monyet hanya bisa diidap oleh pria yang berhubungan seks dengan sesama pria. Virus ini juga bisa menular lewat kontak dekat lainnya, meski tanpa aktivitas seksual.

"Ini bukan lelucon. Cuci tangan, pakai masker, berhenti menyentuh orang, pakai sarung tangan," ungkap Seaton.

"Virusnya tidak mengudara, tetapi mungkin juga. Anda dapat terkena (virus cacar monyet) dari duduk di ruang terbatas dengan seseorang yang memiliki virus, di mobil, pesawat, kamar," pungkasnya.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT