ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 15:31 WIB

Anak Chelsea Olivia Alami Rabun Dekat, Inikah Penyebabnya?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Nastusha Olivia Alinskie Nastusha Olivia Alinskie (Foto: Instagram)
Jakarta -

Baru-baru ini Chelsea Olivia menceritakan anak sulungnya, Nastusha Olivia Alinskie yang mengidap rabun dekat. Ia pun harus menggunakan kacamata di usianya yang belum genap enam tahun.

"So, di akhir Juli ini akhirnya Nastusha harus memakai kacamata. Ditambah sudah masuk ke primary school dengan jumlah anak-anak yang sekelasnya ada banyak dan ruangan pun lebih besar. Dokter mata Nastusha mengharuskan Nastusha untuk memakai kacamata," demikian keterangan di Instagram Nastusha, dikutip Selasa (16/8/2022).

Karena kondisi tersebut, Nastusha harus melakukan berbagai perawatan di dokter mata dan menunggu dua bulan lagi untuk melihat perkembangannya.

Dikutip dari Moorfields Eye Hospital National Health Service (NHS UK), rabun dekat atau dikenal hypermetropia merupakan masalah umum dengan fokus mata yang dapat mempengaruhi penglihatan seseorang di semua jarak, terutama jarak dekat. Banyak anak-anak mengalami hypermetropia ringan yang membaik dengan sendirinya seiring bertambahnya usia.

Kondisi ini biasanya terjadi karena faktor genetik, orang yang mengidap rabun dekat umumnya menggunakan bantuan kacamata atau lensa kontak.

Penyebab Rabun Dekat

Rabun dekat dapat disebabkan oleh kondisi mata itu sendiri, seperti:

  • Kornea yang rata atau tidak normal.
  • Microphthalmia (salah satu atau kedua mata tidak berkembang sepenuhnya) atau sindrom mata.
  • Kelemahan mata untuk fokus. Hal tersebut menyebabkan cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus ke tempat yang semestinya yaitu retina, tetapi terfokus ke belakangnya.


Simak Video "Kasus Covid-19 di Yogyakarta Melandai, Siap Jadi Endemi?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT