ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 10:00 WIB

Waduh, Ternyata Penyakit Mematikan Ini Paling Bikin Tekor BPJS Kesehatan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat meninjau kegiatan pemeriksaan TBC di Girimulyo, Kulon Progo, Selasa (29/3/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin baru-baru ini mengungkapkan penyakit yang paling banyak memakan biaya BPJS Kesehatan. Penyakit Ini juga termasuk yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia.

Adapun penyakit penyebab kematian terbesar di Indonesia adalah jantung, stroke, kanker, dan ginjal. Menurut Budi, di antara beberapa penyakit, penyakit jantung paling banyak memakan biaya BPJS Kesehatan.

"Pilar yang kedua adalah transformasi layanan rujukan, ini adalah perbaikan seluruh rumah sakit yang ada di Tanah Air, 3.000-an agar bisa melayani empat penyakit penyebab kematian terbesar. Jantung, stroke, kanker, dan ginjal," tuturnya dalam konferensi pers, Selasa (17/8/2022).

"Nggak semua provinsi bisa melayani ring masang jantung. Padahal, itu penyakit meninggalnya paling banyak orangnya dan paling banyak makan biaya BPJS," tuturnya lagi.

Budi juga menyebut masih banyak terjadi masalah suplai dari sisi kesehatan di sejumlah provinsi, salah satunya Maluku. Karenanya, pasien yang membutuhkan perawatan seperti ring jantung masih sulit untuk dilakukan dan harus dibawa ke Manado atau Makassar untuk mendapatkan perawatan pasang ring.

Kalau orang kena penyakit jantung di Maluku ya dia harus berdoa. Dibawa ke Manado atau ke Makassar masih hidup supaya masih bisa dipasang ring. Karena masalahnya kita punya big, huge issue on the supply side dari kesehatan," lanjutnya lagi



Simak Video "Hati-hati! Nunggak Iuran BPJS Kesehatan Bisa Kena Denda Rp 30 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT