ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 22:00 WIB

Luna Maya-Irfan Hakim Jadi 'Korban', Hati-hati Ikut One Chip Challenge!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
luna maya kesakitan Heboh kabar Luna Maya dilarikan ke RS seusai memakan kripik super pedas 'Paqui One Chip Challenge'. Foto: Instagram
Jakarta -

Luna Maya belakangan bikin heboh usai dirinya dilarikan ke RS. Belakangan, asma-nya diketahui kambuh usai mengonsumsi keripik super pedas atau dikenal dengan Paqui One Chip Challenge.

Sebelum Luna, Irfan Hakim juga sempat mengalami kejadian serupa. Kesakitan hingga dibawa ke IGD karena tubuhnya lemas setelah mengonsumsi keripik produksi Paqui.

Tak hanya di Indonesia, tren viral One Chip Challenge ini marak dilakukan di penjuru dunia. Sayangnya, tidak sedikit yang berakhir dirawat di RS.

Dikutip dari Insider, awal tahun ini, sedikitnya tiga anak SMA di California, AS, dilarikan ke RS usai mengikuti One Chip Challenge tersebut.

Ketiganya mendadak mengeluh sesak napas usai mengonsumsi keripik produksi Paqui. Dalam website resmi Paqui, keripik ini disebut mengandung Caroline Reaper dan Scorpion peppers, sehingga rasanya sangat pedas.

Keripik ini bahkan diklaim menjadi 'chip' terpedas di dunia.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi dari RS Pondok Indah, Prof Dr dr Rino Alvani Gani, SpPD-KGEH, makanan super pedas termasuk keripik bisa memicu risiko rusaknya sel-sel di saluran pencernaan.

Jika hal tersebut sudah terjadi, kerusakan otomatis menjalar menjadi luka di lambung.

"Ada beberapa zat yang mempunyai akibat merangsang saraf-saraf di saluran pencernaan. Dan kadang-kadang tidak hanya merangsang sarafnya, tetapi juga berakibat pada kerusakan sel-sel dari saluran pencernaan tersebut tergantung pada apa yang dimakan," tutur dia kepada detikcom beberapa waktu lalu.



Simak Video "Cerita Luna Maya Putuskan untuk Jalani Pembekuan Sel Telur"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT