ADVERTISEMENT

Kamis, 18 Agu 2022 09:00 WIB

Dokter Menjawab

Nyeri Perut Bagian Kanan Benarkah Gejala Asam Lambung Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi nyeri perut Foto ilustrasi: thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Izin bertanya Dok...

Dok, suami saya beberapa hari lalu mengalami nyeri perut di sebelah kanan dan sangat sakit jika dipegang. Saat diperiksa ke dokter, katanya cuma gejala asam lambung.

Tapi setelah 2 hari kemudian, perutnya berangsur baik. Tapi, kaki sebelah kanannya kesemutan dan terasa ditusuk-tusuk. Ini kenapa ya Dok?

Inda (wanita, 28 tahun)

Jawaban:

Keluhan nyeri perut yang berulang dan rasa kesemutan pada kaki, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Apakah nyeri perut disertai dengan demam, mual-muntah, dan diare.

Bila disertai keluhan di atas, maka pasien perlu melakukan pemeriksaan darah, feses, dan USG abdomen. Kemungkinan pasien mengalami liver abses amenik, appendicitis, atau dysentri.

Bila tidak ada keluhan di atas, pasien tetap harus melakukan pemeriksaan USG abdomen. Hal ini untuk memastikan tidak adanya kelainan organik di organ abdomen dan organ gynecology.

dr Achmad Fausan, SpPD

Dokter spesialis penyakit dalam
Primaya Hospital Makassar

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Bahaya Etilen Oksida yang Bikin Mie Sedaap Ditarik di Hong Kong"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT