ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 06:30 WIB

6 Manfaat Minum Air Putih, Benarkah Bisa Bikin Kurus?

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Manfaat minum air putih (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak orang tidak menyadari bahwa manfaat minum air putih sangatlah banyak, seperti dapat memaksimalkan kinerja fisik hingga dapat menurunkan berat badan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi air putih secara rutin.

Umumnya, seseorang disarankan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya. Tubuh manusia sekitar 60 persennya terdiri dari air, yang ketika kebutuhannya tidak tercukupi akan berdampak pada masalah kesehatan.

Dikutip dari Healthline, ketika seseorang mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari, ia akan mendapatkan manfaat fisik dan mental dari kebiasaan baik tersebut. Tidak hanya satu, namun banyak manfaat.

Manfaat Minum Air Putih

Inilah beberapa manfaat minum air putih secara rutin, antara lain:

1. Memaksimalkan Kinerja Fisik

Seseorang akan mengalami penuruan kinerja fisik jika kebutuhan air harian tidak tercukupi. Maka dari itu, penting untuk selalu mengonsumsi air putih, terutama mereka yang mempunyai aktivitas berat dan padat.

Dehidrasi dapat memiliki efek yang nyata jika seseorang kehilangan sedikitnya 2 persen dari kadar air tubuhnya. Namun, tidak jarang atlet kehilangan sebanyak 6-10 persen dari berat air mereka melalui keringat.

Hal itu dapat menyebabkan perubahan kontrol suhu tubuh, penurunan motivasi, dan peningkatan kelelahan. Itu juga bisa membuat aktivitas terasa jauh lebih sulit, baik secara fisik maupun mental.

2. Memengaruhi Fungsi Otak

Fungsi otak seseorang sangat dipengaruhi oleh status hidrasi dari tubuh pemiliknya. Bahkan, studi menunjukkan bahwa dehidrasi ringan, seperti kehilangan 1-3 persen air dari berat badan dapat memengaruhi fungsi otak.

Dalam sebuah penelitian pada wanita muda, para peneliti menemukan bahwa kehilangan cairan setelah beraktivitas mengganggu mood dan konsentrasi. Hal tersebut membuktikan bahwa kebutuhan cairan sangat berpengaruh dalam peningkatan fungsi otak seseorang.

3. Meredakan Sakit Kepala

Penelitian telah menunjukkan bahwa sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air putih dapat membantu meredakan sakit kepala pada mereka yang sering mengalaminya.

Sebuah penelitian pada 102 pria menemukan bahwa minum 1,5 liter air per hari menghasilkan peningkatan yang signifikan pada skala kualitas hidup spesifik migrain, yaitu sistem penilaian untuk gejala migrain. Hal tersebut menjadi tanda bahwa mengonsumsi air putih tidak hanya bisa meredakan sakit kepala, tetapi juga mencegahnya.

4. Meringankan Sembelit

Sembelit adalah masalah umum yang ditandai dengan jarangnya buang air besar dan kesulitan buang air besar. Meningkatkan asupan cairan sering direkomendasikan sebagai bagian dari pengobatan.

Konsumsi air yang rendah bisa menjadi faktor risiko sembelit pada seseorang. Hal itu menjadi tanda bahwa seseorang perlu mengonsumsi air putih yang cukup agar tidak mengalami sembelit.

5. Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal adalah gumpalan kristal mineral yang terbentuk di ginjal seseorang dan terasa menyakitkan. Seseorang perlu membutuhkan pertolongan medis ketika mengalami batu ginjal.

Ada bukti yang mengatakan bahwa asupan air dapat membantu mencegah batu ginjal kambuh pada orang yang pernah mengalaminya. Asupan cairan yang tinggi akan melewati ginjal dan mengencerkan konsentrasi mineral, sehingga kecil kemungkinannya untuk mengkristal dan membentuk gumpalan.

6. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi air yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena air dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan metabolisme seseorang.

Sebuah studi tahun 2013 pada 50 wanita muda dengan kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mengonsumsi air sebelum makan bisa menjadi tips diet. Mereka mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh yang signifikan ketika mengonsumsi air sebanyak 500 mL tiga kali sehari sebelum makan selama 8 minggu.

Mengonsumsi air setengah jam sebelum makan adalah waktu yang cukup efektif. Hal itu bisa membuat seseorang merasa lebih kenyang sehingga ia makan lebih sedikit kalori.

Nah, sekarang sudah tahu kan segudang manfaat minum air putih? Jangan malas untuk mencukupi kebutuan cairan harian yah, detikers.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT