ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 14:00 WIB

Tanda Fisik dan Mental Saat Ajal Mendekat dari Waktu ke Waktu

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi jenazah Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Makhluk hidup yang ada di dunia pasti akan menghadapi dan mengalami kematian, baik manusia atau hewan. Menjelang kematian manusia, akan mulai muncul beberapa tanda yang bisa terlihat pada fisik maupun mentalnya.

Terkadang, tanda-tanda yang terlihat pada fisik, mental, maupun emosional dapat dikenali. Ini bisa terjadi pada kematian alami, akibat penyakit, atau usia lanjut. Tetapi, untuk kematian karena kecelakaan ataupun bunuh diri tak memiliki tanda-tanda fisik yang dapat dibaca.

Namun, perlu diketahui tanda-tanda kematian setiap orang tidak selalu sama. Seorang praktisi kesehatan mungkin dapat memberikan gambaran tentang tanda yang muncul dari waktu ke waktu pada orang yang mendekati kematian.

Dikutip dari Very Well Health, berikut tanda-tanda ajal mendekat yang terjadi dari waktu ke waktu:

1-3 Bulan Sebelum Kematian

Tanda-tanda bahwa ajal seseorang seringkali terlihat sekitar 1-3 bulan sebelum kematian. Banyak pengalaman yang terjadi pada tahap akhir kehidupan ini secara umum, tetapi spesifiknya dapat bergantung pada individu itu sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih terbuka berbicara tentang kematian dan keinginan di akhir hidupnya, dibandingkan pria. Alasan pria tidak mengungkapkannya adalah tidak ingin dianggap 'membutuhkan'.

- Perubahan Mental dan Perilaku

Di periode ini, mereka memulai proses pemisahan diri dari dunia dan orang-orang di dalamnya. Selama tahap ini, orang itu akan menolak kunjungan dari teman, tetangga, bahkan keluarga.

Saat orang itu menerima kunjungan, mungkin akan sulit untuk berinteraksi karena perasaan yang merasa ditolak. Pada tahap ini, seseorang akan melakukan refleksi, memikirkan hidupnya, mengingat kembali kenangan lama, mengevaluasi hidupnya, dan memikirkan hal-hal yang mereka sesali.

- Perubahan Fisik

Saat tubuh mulai melambat, orang yang sekarat mungkin mengalami beberapa tanda fisik. Misalnya seperti:

  • Penurunan nafsu makan dan minum
  • Penurunan berat badan
  • Tidur lebih banyak
  • Berhenti melakukan aktivitas rutin

Zat kimia di tubuh secara alami akan diubah selama tahap akhir kehidupan. Itu dapat menyebabkan rasa bahagia dan sejahtera yang ringan (euforia).

NEXT: Tanda Kematian yang Terlihat dalam 1-2 Minggu Kematian

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT