ADVERTISEMENT

Sabtu, 20 Agu 2022 11:05 WIB

Atta Halilintar Dirawat di RS Gegara DBD, Kenali Gejala yang Kerap Tak DIsadari

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Atta Halilintar dirawat karena demam berdarah. Atta dirawat di RS karena DBD. (Foto: Instagram Atta Halilintar)
Jakarta -

Atta Halilintar dilarikan ke rumah sakit Jumat (19/8/2022). Kabar ini disampaikan langsung oleh sang istri, Aurel Hermansyah, melalui akun Instagram story pribadinya.

"Cepet sembuh sayangkuuu," tulis Aurel dengan foto Atta sedang terbaring lemas di kasur rumah sakit.

Tak lama setelahnya, Atta membagikan foto dengan infus di tangannya. Tak hanya itu, Atta juga mengucapkan rasa sayangnya kepada Aurel karena sudah merawatnya di rumah sakit.

"Love of my life, gapernah mau ke rumah sakit... tapi dipaksa ama istri.. karna dbd bahaya kalau rawat di rumah," ungkap Atta melalui Instagramnya.

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit berasal dari virus dengue yang ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Gejala awal yang sering muncul seperti:

Demam dengan suhu 38 hingga 40 derajat celsius.

  • Nyeri belakang bola mata
  • Sakit kepala
  • Manifestasi perdarahan seperti mimisan atau gusi berdarah,
  • Mual
  • Muncul kemerahan di bagian tubuh penderita.

DBD dapat terkena pada siapa saja mulai dari anak kecil hingga dewasa. Dikutip dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala ini biasanya berlangsung selama 2 hingga 7 hari, setelah masa inkubasi 4 hingga 10 hari setelah gigitan nyamuk yang terinfeksi. Berikut fase yang akan dialami oleh pasien DBD:

1. Fase pertama:

Seseorang akan merasakan demam cukup tinggi hingga 40 derajat celsius.

2. Fase kedua

Demam akan turun hingga 37 derajat celsius dan penderita akan merasa dapat melakukan aktivitas, biasanya akan terjadi penurunan trombosit secara drastis karena pemecahan pembuluh darah (pendarahan).

3. Fase ketiga

Terjadi pada hari ke 6 hingga 7, pengidap DBD akan merasa demam. Tak perlu khawatir, ini merupakan fase pemulihan karena trombosit akan perlahan naik dan kembali normal.



Simak Video "Perhatikan Gantungan Bajumu, Nyamuk Suka dengan Bau Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT