Ahli Medis Ungkap 8 Tanda Ajal Sudah Dekat, Jadi Banyak Tidur Termasuk

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Ahli Medis Ungkap 8 Tanda Ajal Sudah Dekat, Jadi Banyak Tidur Termasuk

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Minggu, 21 Agu 2022 12:01 WIB
ilustrasi sakit
Ilustrasi tanda-tanda seseorang menjelang ajal menurut ahli medis. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Setiap makhluk yang bernapas, termasuk manusia, akan mengalami kematian. Ternyata, manusia yang sudah mendekati ajal akan mengalami beberapa tanda yang bisa diwaspadai oleh orang terdekat.

Kemunculan tanda tersebut umumnya dialami oleh mereka yang mengalami kematian alami karena sakit atau telah lanjut usia. Namun, kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan atau bunuh diri tidak termasuk ke dalamnya, serta tidak memiliki tanda-tanda fisik yang dapat dilihat.

Dikutip dari Healthline, inilah 8 tanda fisik ketika seseorang telah mendekati ajalnya menurut medis, antara lain:

1. Tidur Lebih Banyak

Seseorang yang telah mendekati akhir hayatnya umumnya memiliki jam tidur yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Hal itu disebabkan metabolisme tubuhnya telah menurun dan akan merasa kelelahan lebih sering, sehingga ia membutuhkan jam tidur yang lebih banyak.

2. Nafsu Makan Menurun

Seseorang yang telah berusia lanjut biasanya tidak membutuhkan banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga kebutuhan energi hariannya menjadi menurun. Hal tersebutlah yang membuat nafsu makannya menjadi turun, bahkan terkadang beberapa makanan favoritnya sudah tidak menarik lagi.

3. Menjauhi Orang Sekitar

Kerap kali orang yang telah mendekati ajalnya akan menarik diri dari lingkungan sekitar. Hal tersebut biasanya terjadi karena refleks alami akibat dari perubahan energi yang ada di dalam tubuhnya.

4. Organ Vital Berubah

Ketika seseorang telah mendekati ajalnya umumnya beberapa organ vital pada tubuhnya mengalami perubahan, seperti tekanan darah menurun dan detak jantung yang tidak teratur. Bahkan, warna urine orang yang mendekati kematiannya juga terkadang berubah menjadi coklat akibat dari fungsi ginjal yang menurun.

5. Jarang Buang Air

Frekuensi buang air kecil maupun besar yang menurun terjadi akibat dari nafsu makan yang menurun. Ketika nafsu makan seseorang menurun, maka gerakan usus menjadi kecil dan tidak teratur. Kondisi inilah yang membuatnya jarang buang air.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT