Viral Mahasiswa Unhas Ngaku Non-biner, Apa Sih Itu? Ini Kata Pakar

ADVERTISEMENT

Viral Mahasiswa Unhas Ngaku Non-biner, Apa Sih Itu? Ini Kata Pakar

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Minggu, 21 Agu 2022 14:00 WIB
ilustrasi nonbiner
Ilustrasi non biner atau non binary. Foto: iStock
Jakarta -

Viral seorang mahasiswa Universitas Hasanuddin mengaku non-biner atau non binary berujung diusir oleh dosennya. Insiden tersebut terjadi saat dia mengikuti rangkaian kegiatan pengenalan kampus mahasiwa baru di Fakultas Hukum Unhas.

"Dia pake kipas angin jalan kaki terus dilarang. Terus ditanya laki-laki atau perempuan, terus dia bilang netral, bukan laki-laki bukan perempuan," kata Wakil Rektor III Fakultas Hukum Unhas Hasrul kepada detikSulsel.

Terkait definisi non-biner, CSE officer Rutgers Sanyulandy Leowalu, SKM, M.Sexol mengatakan istilah tersebut merujuk pada seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki atau perempuan. Berbeda dengan biner atau identitas gender yang merujuk pada jenis kelamin seseorang.

"Biner atau non-biner ini adalah identitas gender seseorang, artinya bagaimana seseorang merasakan dirinya sendiri terhadap gendernya," katanya kepada detikHealth, Minggu (21/8/2022).

"Dia tidak masuk dalam pengkategorian biner, tidak secara eksklusif maskulin atau feminim," sambung Master of Sexology dari Curtin University ini.

Bagi banyak orang, identitas gender mereka sejalan dengan jenis kelamin yang ditetapkan pada mereka saat lahir. Orang juga sering menganggap identitas gender sebagai biner: pria atau wanita.

Beberapa orang mungkin tidak dapat mengkonseptualisasikan identitas gender mereka dalam istilah biner. Namun, mereka mungkin memiliki perasaan yang kuat tentang jenis kelamin mereka tanpa pengenalan sebagai pria atau wanita.

Namun Sanyu menegaskan non-biner ini tidak sama dengan orientasi seksual. Keduanya memiliki terminologi yang berbeda.

"Non-biner ini bukan orientasi seksual, itu identitas gender," paparnya.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT