Terungkap, Kasus Pertama Cacar Monyet RI Tertular Usai Pergi ke Belanda-Prancis

ADVERTISEMENT

Terungkap, Kasus Pertama Cacar Monyet RI Tertular Usai Pergi ke Belanda-Prancis

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Senin, 22 Agu 2022 19:04 WIB
A patient with a monkeypox sore rests at the Arzobispo Loayza hospital in Lima, Peru, Tuesday, Aug. 16, 2022. (AP Photo/Martin Mejia)
Ilustrasi pasien cacar monyet. (Foto: AP/Martin Mejia)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI mengumumkan kasus pertama cacar monyet di Jumat (20/8/2022). Pasien teridentifikasi positif cacar monyet usai bepergian dari Belanda, Swiss, Belgia, hingga Prancis.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melakukan tracing pada kasus pertama cacar monyet. Sejauh ini ada tiga orang yang diyakini menjadi kontak erat. Ketiga orang tersebut dipastikan dalam kondisi baik dan tidak memiliki keluhan masalah kesehatan.

"Sebelum ditemukannya kasus pertama ini, kami sudah pernah menerima laporan dan melakukan penyelidikan epidemiologi pada 11 orang terduga yang ditemukan sejak 20 Mei 2022, yang semuanya setelah melalui pemeriksaan laboratorium diketahui negatif cacar monyet. Hal ini sebagai bagian dari upaya menemukan kasus sedini mungkin, agar dapat dilakukan pemutusan rantai penularan dengan segera," jelas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, Senin (22/8/2022).

Widyastuti memastikan akan terus memantau perkembangan kondisi pasien dan kontak erat. "Pasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik," ucap Widyastuti.

Ia mengimbau agar masyarakat mewaspadai gejala cacar monyet yang umumnya diawali dengan keluhan berikut:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Pembengkakan kelenjar getah bening yang ditemukan di leher, ketiak atau lipat paha (selangkangan).
  • Nyeri otot
  • Sakit punggung
  • Rasa lelah yang berkepanjangan.

Setelah pasien mengeluhkan demam selama 1-3 hari, umumnya muncul ruam di kulit pada beberapa bagian tubuh. Ruam bisa berbentuk bintik merah seperti cacar, melepuh kecil berisi cairan bening atau nanah yang kemudian menjadi keropeng dan rontok.

Jumlah lesi (luka atau lenting gelembung berisi cairan di kulit) dapat sedikit ataupun tersebar di beberapa bagian tubuh.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT