Pasien Cacar Monyet di DKI Tak Harus Masuk RS, Apa Syarat Boleh Isoman?

ADVERTISEMENT

Pasien Cacar Monyet di DKI Tak Harus Masuk RS, Apa Syarat Boleh Isoman?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jumat, 26 Agu 2022 21:51 WIB
Cacar Monyet Masuk Indonesia dan 5 Hal yang Perlu Diketahui
Ilustrasi cacar monyet (Foto: Getty Images/iStockphoto/atakan)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI telah melaporkan satu kasus positif cacar monyet di Indonesia. Pasien asal DKI Jakarta ini dinyatakan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Kementerian Kesehatan RI melaporkan, pasin pertama cacar monyet di Indonesia menjalani isolasi mandiri di rumah. Meski sempat mengalami gejala dan ruam-ruam, pasien tersebut dilaporkan dalam kondisi baik. Lantas, pada kondisi seperti apa yang pasien cacar monyet cukup isoman di rumah tanpa harus dirawat di RS?

Menurut Ketua Satgas Monkeypox (Cacar Monyet) PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Hanny Nilasari, SpKK, keputusan agar pasien tersebut diisolasi mandiri pasti sudah berlandaskan pertimbangan dan rekomendasi dari DPJP (Dokter Penanggung Jawab Pelayanan) dan Dinas Kesehatan yanf menangani.

"Jadi memang perlu ada pertimbangan tertentu mungkin ya yang diputuskan dari DPJP atau dokter pemeriksa dan kemudian Dinas Kesehatan. Sehingga satu kasus tersebut diindikasikan untuk bisa dilakukan isolasi mandi di rumah," ujarnya dalam konferensi pers virtual Satgas Monkeypox dan COVID-19 PB IDI, Jumat (26/8/2022).

Menurutnya, dalam memutuskan pasien untuk melakukan isolasi mandiri, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan agar pasien tidak menyebarkan infeksi kepada orang lain.

"Jadi perlu diperhatikan memang situasi dan kondisi di rumah memang memunkinkan pasien untuk bisa tetap terjaga di rumah dan itu harus sendiri. Artinya tidak berkontak dengan siapa-siapa, mempunyai kamar sendiri, kemudian mungkin ventilasinya juga baik, kemudian kamar mandi juga sendiri jadi tidak kontak dengan yang lain," jelasnya.

dr Hanny menyatakan pada cacar monyet saat ini, umumnya manifestasi gejala pada kulit pasien lebih ringan. Hal ini bisa jadi salah satu pertimbangan pasien direkomendasikan melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Karena kita tau bahwa manifestasi kulit pada pasien yang terinfeksi monkeypox ini berbeda dengan infeksi yang masa lalu. Pada saat ini manifestasinya umumnya ringan ya artinya gejala di kulitnya itu manifestasinya umumnya hanya 10 hingga 20 titik saja dan rasanya itu bisa dijaga oleh pasien sendiri dan juga keluarganya," pungkasnya.



Simak Video "Spanyol Laporkan Penurunan Kasus Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT