Viral Maba Unhas Diusir Gegara Ngaku 'Non-biner', Apa Itu Identitas Gender?

ADVERTISEMENT

Round Up

Viral Maba Unhas Diusir Gegara Ngaku 'Non-biner', Apa Itu Identitas Gender?

Alethea Pricila - detikHealth
Selasa, 23 Agu 2022 07:20 WIB
ilustrasi nonbiner
Ilustrasi gender nonbiner (Foto: iStock)
Jakarta -

Viral seorang mahasiswa di Universitas Hasanuddin (Unhas) diusir dosen setelah mengaku dirinya bukan laki-laki maupun perempuan alias non binary (non-biner atau gender neutral). Bermula saat mahasiswa yang bernama Nabil dipanggil dosen ketika mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Hukum, Jumat (19/8) pagi.

"Dia pakai kipas angin jalan kaki terus dilarang. Terus ditanya laki-laki atau perempuan, terus dia bilang netral, bukan laki-laki bukan perempuan," ucap Hasrul, Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unhas, saat dikonfirmasi detikSulsel, Sabtu (20/8).

Apa itu Non-biner?

Dikutip dari Medical News Today, non-biner merupakan istilah bagi orang yang tidak mengkonseptualisasi identitas gendernya dalam istilah biner (perempuan atau laki-laki). Namun, mereka tetap bisa memiliki perasaan yang kuat tentang jenis kelamin tanpa mengidentifikasi diri sebagai pria atau wanita.

"Biner atau non-biner ini adalah identitas gender seseorang, artinya bagaimana seseorang merasakan dirinya sendiri terhadap gendernya," jelas Sanyulandy Leowalu, SKM, M.Sexol, CSE Officer Rutger, kepada detikHealth, Minggu (21/8/2022).

Menurut survei pada 2015, 86 persen responden non-biner memilih untuk tidak mengoreksi ketika orang sekitarnya salah paham perihal konsep non-biner. Alasannya, kebanyakan orang tidak akan mengerti walaupun sudah dijelaskan.

Termasuk Gangguan Mental 'Disforia Gender'?

Organisasi psikiater profesional Amerika Serikat, American Psychiatric Association (APA), telah menghapus identitas gender non-biner dari daftar kondisi gangguan mental layaknya 'disforia gender'.

Pasalnya mereka meyakini, disforia dapat dialami siapa saja tidak terbatas pada identitas gender sebagai transgender, non-biner, maupun identitas gender lainnya. Sejumlah negara bagian AS seperti Colorado dan California juga telah menyertakan 'non-biner' dalam opsi dokumen resmi termasuk Surat Izin Mengemudi (SIM).

Mengapa bisa ada non-biner? Simak di halaman selanjutnya.



Simak Video "Permintaan Maaf Nakes yang Live TikTok Saat Pasien Lahiran"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT