Hore! Menkes Sebut Gelombang BA.4 dan BA.5 Omicron di RI Sudah Terlewati

ADVERTISEMENT

Hore! Menkes Sebut Gelombang BA.4 dan BA.5 Omicron di RI Sudah Terlewati

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 23 Agu 2022 14:45 WIB
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin gelombang COVID-19 imbas subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia sudah terlewati. Dengan begitu menurutnya, Indonesia menjadi satu dari sedikit negara yang berhasil melewati gelombang Corona imbas BA.4 dan BA.5.

"Untuk yang gelombang ini, Indonesia menjadi satu dari segelintir, sedikit negara yang sudah berhasil melampaui gelombang BA.4 dan BA.5 dengan sangat baik. Sekarang ujiannya enam bulan lagi, sekitar bulan Januari, Februari, Maret 2023," ujarnya dalam siaran langsung konferensi pers virtual terkait Ratas Evaluasi PPKM, Selasa (23/8/2022).

"Kalau kita bisa melampaui itu sama seperti sekarang, Indonesia menjadi mungkin selected view negara yang bisa menangani pandemi ini 12 bulan berturut-turut," sambung Menkes.

Lebih lanjut menurut Menkes, agar kelak lonjakan COVID-19 tidak berimbas besar pada masyarakat Indonesia, tingkat imunitas yang sudah tinggi kini harus dipertahankan. Sebab berbeda dengan situasi pada Februari lalu, dalam enam bulan mendatang, tingkat imunitas warga RI akan menjadi lebih rendah sebab proteksi dari vaksin COVID-19 menurun seiring waktu.

"Nanti rencananya di akhir tahun kita akan melakukan vaksinasi terutama diarahkan bagi golongan yang memang imunitasnya rendah. Rencana November kita akan melakukan sero survei lagi untuk melihat daerah-daerah mana yang imunitasnya sudah menurun, kemudian orang-orang mana yang berisiko tinggi," jelasnya.

"Itu yang akan kita berikan vaksinasi agar bisa meningkatkan, mempersiapkan, memperbaiki kadar imunitas masyarakat populasi tersebut," pungkas Menkes.

(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT