ADVERTISEMENT

Rabu, 24 Agu 2022 15:49 WIB

Viral Dikaitkan Gegara Gangguan Setan, Apa yang Terjadi saat Vagina Berdenyut?

Fadilla Namira - detikHealth
Closeup sick woman with hands holding pressing her crotch isolated on background Foto: Getty Images/iStockphoto/champja
Jakarta -

Seorang wanita anonim menceritakan pengalaman mistisnya saat tidur di Twitter. Ia merasakan vaginanya disentuh hingga menimbulkan behari saat tidur dengan posisi terlentang.

"Kejadian kayak gini nggak sekali dua kali tapi udah kesekian kali, itu kenapa ya?" curhatnya.

Tidak sedikit yang mengaitkan kondisi tersebut dengan hal mistis. Tapi ada juga yang berpendapat vagian berdenyut merupakan hal biologis yang normal.

Lantas, normal nggak sih kondisi itu?

Sebenarnya, denyutan di daerah vagina adalah hal yang sangat lazim dirasakan pada kondisi apa pun. Namun perlu diperhatikan, apakah hal tersebut terus terjadi dalam jangka waktu lama dan semakin besar intensitas yang dirasakan.

Menurut Spesialisasi Perawatan Kesehatan Wanita, Jessica Strasburg, MD, para wanita menganggap semua sensasi yang terasa di area vagina adalah hal yang sama. Namun, penyebab dari jenis rasa sakit ini sangat berbeda.

Walaupun sebagian besar menganggap itu adalah gejala kanker, hal tersebut ternyata jarang menjadi penyebab utama. Berikut beberapa penyebab vagina berdenyut dikutip detikcom dari berbagai sumber:

1. Orgasme

Orgasme terjadi saat seorang wanita berada di puncak klimaks saat melakukan aktivitas seksual. Ketika hal ini berlangsung, otot-otot di sekitar vagina akan berdenyut dan kejang sehingga melepaskan hormon oksitoksin yang akan menyebabkan rasa senang dan puas.

2. Peningkatan aliran darah ke sekeliling vagina

Peningkatan aliran darah ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti orgasme, lari, mengangkat beban berat, serta varises. Yap! Varises ternyata tidak semata-mata terjadi pada kaki saja. Varises juga terjadi pada vagina dan biasanya terjadi pada ibu hamil.

3. Vaginismus

Vaginismus adalah peristiwa medis yang terjadi saat otot-otot dan saraf di sekitar vagina mengalami kejang dan kaku. Biasanya hal ini terjadi karena kesulitan penetrasi saat melakukan hubungan seks, pemasangan tampon, ataupun pemeriksaan Pap Smear.

4. Kerusakan pada tulang panggul dan kemaluan

Bentuk tulang panggul manusia menyerupai cincin yang berada di dasar tulang belakang, yaitu di antara punggung dan kaki. Area ini menjadi bagian penting karena berfungsi sebagai penyangga organ pencernaan dan reproduksi. Maka dari itu, nyeri dan denyut pada organ vital yang disertai dengan sakit pada bagian panggul harus segara ditangani oleh ahlinya. Apabila diabaikan, dapat menimbulkan gejala yang lebih serius sehingga membahayakan nyawa.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT