Viral Kena Diabetes hingga Koma Meski Rajin Ngegym, Pria 29 Tahun Ini Beri Pesan

ADVERTISEMENT

Viral Kena Diabetes hingga Koma Meski Rajin Ngegym, Pria 29 Tahun Ini Beri Pesan

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kamis, 25 Agu 2022 10:00 WIB
Tangkapan layar unggahan Kurnia @mkbijaksana (Diambil atas izin yang bersangkutan)
Foto: Tangkapan layar unggahan Kurnia @mkbijaksana (Diambil atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Seorang pria berusia 29 tahun asal Bandung, Kurnia Bijaksana, viral sesuai membagikan kisahnya terkena diabetes sampai koma beberapa hari. Padahal alih-alih banyak 'ngemil' manis, ia lebih suka hidangan daging. Ditambah, ia aktif bergerak, rajin nge-gym, dan mengikuti klub bela diri semasa kuliah. Bahkan dalam salah satu unggahannya, Kurnia nampak memiliki lengan berotot.

Namun Kurnia mengakui, gaya hidupnya banyak berubah setahun terakhir. Imbas bekerja dari rumah (WFH), ia sering 'skip' nge-gym, memiliki pola makan tidak teratur, dan rentan stres. Di samping itu, ia sering melakukan perjalanan keluar kota dan rutin minum kopi manis sembari berkendara.

"Ditambah mungkin puncaknya pas saya persiapan nikah di awal 2022 lalu. Itu saat saya lagi sibuk banget, ngurus kerjaan, bolak balik luar kota, belum mengurus persiapan nikah, belum stresnya," terangnya pada detikcom, Selasa (23/8/2022).

"Kalau ke luar kota, saya naik mobil, saya sering beli kopi buat di perjalanan. Nah, kopi di kemasan yang biasa beli di minimarket gitu kan kadang gak terlalu manis, tapi gulanya banyak ya. Saya minum lumayan banyak tuh karena mobilitas juga tinggi ke sana-sini," imbuh Kurnia.

Di samping itu, Kurnia menduga penyakitnya juga dipicu oleh faktor genetik. Sebab, kedua orangtuanya pun memiliki riwayat diabetes.

"Saya melihatnya mungkin sebelum-sebelum nya sudah ada risiko. Seperti keturunan (karena) dari keluarga ayah dan ibu ada riwayat diabetes. Mungkin pola makan kurang dijaga walau nggak separah kemarin-kemarin, tapi kurang kelihatan karena saya aktif banget," bebernya.



Simak Video "Kemenkes RI Laporkan Peningkatan Prevalensi Penyakit Diabetes-Stroke"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT