Gejala Awal HIV Mirip Flu, Kenali Bedanya dengan Infeksi Lain Termasuk COVID

ADVERTISEMENT

Gejala Awal HIV Mirip Flu, Kenali Bedanya dengan Infeksi Lain Termasuk COVID

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 25 Agu 2022 17:15 WIB
ilustrasi obat antiretroviral
Ilustrasi HIV. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Flu mungkin salah satu penyakit umum yang banyak orang pernah alami. Namun ada beberapa penyakit lain yang memiliki gejala awal mirip dengan flu, seperti COVID-19 atau gejala awal HIV.

Flu dan COVID-19 dapat menyebabkan penyakit pernapasan, dan gejalanya dapat berkisar dari ringan hingga parah. Sementara itu, dikutip dari laman Healthline, gejala atau tanda-tanda awal HIV dikenal sebagai sindrom retroviral akut. Biasanya, gejala yang muncul mirip seperti saat seseorang terkena flu.

Dikutip dari laman resmi Departemen Kesehatan Kota New York, berikut ini cara membedakan gejala COVID-19 dan gejala awal HIV dengan flu biasa.

COVID-19

Gejala COVID-19 biasanya muncul dalam waktu dua minggu setelah terpapar virus Corona. Demam, menggigil, batuk, sakit tenggorokan, sesak napas, nyeri otot, hidung tersumbat, kehilangan rasa atau penciuman adalah beberapa gejala yang terkait dengan COVID-19.

Beberapa orang bisa terinfeksi virus Corona dan tidak menimbulkan gejala. Tes COVID-19 menjadi satu-satunya cara tepat untuk mengetahui apakah seseorang tertular COVID-19.

HIV

Gejala awal HIV bisa terasa seperti kasus flu atau COVID-19 yang parah namun biasanya terjadi beberapa minggu setelah infeksi. Pada banyak orang, tanda dan gejala awal HIV termasuk demam, sakit kepala, kelelahan, pembengkakan kelenjar getah bening, ruam, nyeri sendi atau otot, atau sakit tenggorokan.

Fase awal HIV akut ini adalah respons alami tubuh terhadap infeksi HIV. Gejala biasanya hilang dalam satu sampai empat minggu, oleh karena itu sering disalahartikan sebagai kasus flu.

Segera periksa dan lakukan tes HIV jika merasa timbul gejala setelah terekspos atau ada kontak berisiko dengan HIV.



Simak Video "AIDS dan 10 Gejala Umumnya: Batuk Kering-Demam"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT