Tiga Negara Ini Alami Lonjakan COVID-19, Satgas Minta RI Waspada!

ADVERTISEMENT

Tiga Negara Ini Alami Lonjakan COVID-19, Satgas Minta RI Waspada!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sabtu, 27 Agu 2022 13:00 WIB
Kasus COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya DKI, mengalami penurunan. Namun bukan berarti virus Corona sudah hilang karena kita masih berperang melawan COVID-19.
Foto: PIUS ERLANGGA
Jakarta -

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan adanya kenaikan kasus positif COVID-19 yang cukup signifikan di tiga negara, yakni Jepang, Amerika Serikat, dan India.

Namun, kenaikan kasus tertinggi saat ini terjadi di Jepang. Hal ini disebabkan varian BA.5 yang mendominasi kasus positif di negara tersebut.

"Jika dilihat secara global, Jepang mengalami kenaikan dengan total kasus mingguan per 21 Agustus sebesar lebih dari 1,5 juta penambahan kasus dalam satu minggu," kata Wiku dalam konferensi pers, Jumat (26/8/2022).

"Kemudian Amerika Serikat (AS) juga melonjak kasusnya menjadi hampir 600 ribu kasus per minggu dan India sebesar 80 ribu kasus per minggu," sambungnya.

Kenaikan kasus di tiga negara ini disebabkan berbagai faktor, misalnya protokol kesehatan yang sudah dilonggarkan hingga munculnya varian baru. Seperti kemunculan varian BA.4.6 di AS dan varian BA.2.75 di India.

NEXT: Bagaimana situasi di Indonesia?



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT