Bakal Ada Varian Baru, Semanjur Apa Vaksin Inavac Buatan RI Menangkalnya?

ADVERTISEMENT

Bakal Ada Varian Baru, Semanjur Apa Vaksin Inavac Buatan RI Menangkalnya?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sabtu, 27 Agu 2022 14:33 WIB
Pemerintah terus mengebut vaksinasi booster untuk mengendalikan pandemi Corona. Saat ini posko yang terus sibuk melayani warga berada di Taman Swakarsa Pondok Kelapa, Jaktim.
Ilustrasi vaksin Corona. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mewanti-wanti kemunculan varian baru COVID-19 di Indonesia. Ini dipicu tingginya kasus Corona di beberapa negara di Eropa, Amerika, dan Jepang.

Menurutnya, kasus konfirmasi yang tinggi seperti ini bisa memicu terjadinya mutasi dan timbulnya varian Corona yang baru.

"Kasus konfirmasi harian setinggi ini pasti akan mengakibatkan terjadinya mutasi dan timbulnya varian baru," beber Menkes Budi dalam konferensi pers, Selasa (23/8/2022).

Lalu, Siapkah Vaksin Buatan Indonesia Menghadapi Kemungkinan Ini?

Menurut Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, FX Sudirman, vaksin Merah Putih yang kini memiliki nama resmi Inavac ini cukup siap untuk menghadapi varian Corona yang mungkin muncul di Indonesia.

Menurutnya, vaksin yang berplatform inactivated virus ini mampu memberikan efikasi yang sangat baik dalam melawan varian-varian Corona yang saat ini sudah ada di Indonesia.

"Siap-siap (menghadapi varian Corona baru). Vaksin ini kan dibuat dari inactivated virus atau dari virusnya, jadi ada puluhan antigen di situ," jelasnya.

NEXT: Diharapkan Selesai September Lalu Dapat EUA.



Simak Video "Peneliti Beberkan Kemampuan Vaksin Merah Putih Melawan Varian Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT