Viral Gejala Gangguan Jiwa Tahap Awal Termasuk Rebahan, Netizen Auto Panik

ADVERTISEMENT

Viral Gejala Gangguan Jiwa Tahap Awal Termasuk Rebahan, Netizen Auto Panik

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 31 Agu 2022 11:03 WIB
Viral gejala gangguan jiwa ringan
Viral gejala gangguan jiwa ringan dan bahaya self diagnosis. (Foto: Tangkapan Layar Tik Tok)
Jakarta -

Netizen kali ini dibuat panik usai video singkat mengenai gangguan jiwa viral di media sosial. Dalam video tersebut terdapat sederet gejala gangguan jiwa ringan.

Video berdurasi singkat itu memaparkan malas mandi dan sering rebahan merupakan gejala gangguan jiwa tahap awal.

"Nggak ngerti lagi, ini saya semua," tulis salah satu pengguna Twitter.

Video yang sudah ditonton oleh 1,8 juta orang tersebut menuai reaksi beragam dari warganet. Tidak sedikit yang beranggapan ciri-ciri yang disampaikan dalam video akan membuat orang lebih mudah self diagnosis.

Terlebih lagi informasi seputar kesehatan dan kedokteran saat ini mudah diperoleh, termasuk gejala berbagai penyakit. Hanya saja informasi tersebut tak jarang dijadikan acuan untuk mendiagnosis diri sendiri.

Padahal mendiagnosa diri sendiri sebetulnya sangat berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental. Hal ini disampaikan oleh Retha Arjadi, MPsi, psikolog dari UNIKA Atma Jaya beberapa waktu lalu.

"Kecenderungannya itu (self diagnosis) ke arah bahaya. Misal baca nih di google kayak gejala atau ciri depresi terus merasa 'wah ini gue semua nih', lalu dia mempercayai bahwa dirinya depresi dan bilang sama semua orang bahwa dia depresi itu efeknya serius," kata Retha.

self diagnosis mungkin bisa membantu untuk mendeteksi gejala awal. Tetapi kalau tidak pernah bicarakan atau konsultasi dengan ahli akan bisa berbahaya.

"Artinya kalau misal hanya ingin melihat gambaran umumnya ya boleh, tapi kalau sudah masuk ke diagnosis harus ke ahli. Misal ke psikolog atau psikiater," paparnya.



Simak Video "Spesialis Kejiwaan Ingatkan untuk Tak Asal Self Diagnose Gangguan Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT