Minum Susu Hamil Bisa Buat Berat Badan Janin Bertambah? Ini Kata Dokter

ADVERTISEMENT

Minum Susu Hamil Bisa Buat Berat Badan Janin Bertambah? Ini Kata Dokter

Alethea Pricila - detikHealth
Kamis, 01 Sep 2022 06:45 WIB
Ilustrasi ibu hamil naik mobil
Ibu hamil, haruskah minum susu hamil? (Foto: Getty Images/AleksandarNakic)
Jakarta -

Banyak yang bilang susu hamil harus banget dikonsumsi oleh para calon ibu. Susu hamil disebut bisa membantu perkembangan janin dalam kandungan hal ini terjadi karena susu hamil mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tumbuh dan kembang janin.

Lalu apakah susu hamil bisa menambah berat badan janin? Susu hamil mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Namun, perlu diketahui, susu hamil tidak bisa serta-merta menambah berat badan janin.

Susu Hamil untuk Berat Janin

Ibu hamil dengan berat janin rendah, lebih disarankan untuk minum susu tinggi protein. Kandungan protein yang berlebih diharapkan dapat mengejar pertumbuhan pada janin. Hal ini diucapkan oleh dr Febriansyah Darus, Sp.OG (K), Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan kedokteran Fetomaternal.

"Kita sarankan minum susu tinggi protein untuk mengejar laju pertumbuhan janin dalam kandungan. Susu tinggi protein ini tidak sembarangan diminum karena ada merek susu yang khusus untuk menaikkan berat badan," katanya dikutip dari HaiBunda.

Tak bisa sembarangan, konsumsi susu tinggi protein membutuhkan rekomendasi atau konsultasi dokter. Hal ini dilakukan karena susu akan diberikan sesuai dengan kondisi janin yang membutuhkan asupan protein yang berlebih.

Di sisi lain, Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN Cipto Mangunkusumo, Dr dr Suskhan Djusad, Sp.OG (K), menjelaskan perlu dicari penyebab apa yang membuat berat janin menjadi rendah.

"Kalau dikasih susu ibu hamil beratnya nambah, berarti bagus. Tapi kalau tidak bertambah, dicari penyebabnya," ucapnya

Menurutnya, alih-alih memberikan susu, ibu hamil sebenarnya perlu untuk meningkatkan asupan gizi.

"Intervensi bisa dari ibunya, yaitu dari makanan. Syukur-syukur bayinya dapat nutrisi. Tapi kalau masuknya sedikit, ya bayinya cuma dapat sedikit nutrisi. Tapi ada juga penyebab berat janin rendah, misalnya kelainan" ujarnya.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT