Suka Duka Ibu Hamil dengan HIV, Bahkan Bidan Pun Takut Menangani

ADVERTISEMENT

Ulasan Khusus

Suka Duka Ibu Hamil dengan HIV, Bahkan Bidan Pun Takut Menangani

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Minggu, 04 Sep 2022 12:18 WIB
Pasangan H dan A positif HIV yang berdomisili di Bandung. H kini tengah mengandung 8 bulan.
Ibu hamil positif HIV. (Foto: Rachman_punyaFOTO)
Jakarta -

Orang dengan HIV-AIDS (ODHA) kerap dibayangi sederet stigma negatif dari masyarakat. Tak jarang, perilaku diskriminatif justru datang dari tenaga kesehatan yang semestinya punya pemahaman tentang HIV.

Seorang perempuan dengan HIV, H (37), yang kini tengah hamil besar menceritakan seperti apa suka duka saat memeriksakan kandungannya. Saat ini ia rutin ke puskesmas untuk meminta rujukan ke rumah sakit.

"Di puskesmas juga kalau minta rujukan atau apa Alhamdulillah sih nggak kayak langsung heboh (karena dirinya HIV). Mereka juga sudah bekerjasama dengan LSM seperti untuk pengecekkan ibu hamil," tutur H saat ditemui detikcom di Bandung, Jumat (2/9/2022).

Namun, H mengatakan masih ada bidan-bidan yang takut menangani pasien hamil dengan HIV. Ini diketahuinya saat mulai rutin memeriksakan kandungannya ke bidan yang menanganinya selama masa kehamilan.

"Karena kebanyakan bidannya takut, karena tahu itu anak dari ibu yang positif HIV," ungkap H.

Namun H beruntung, ia sendiri tidak terlalu merasa kesulitan untuk mendapatkan bidan yang rutin memeriksa kehamilannya. H mengungkapkan bidannya saat ini sangat terbuka dan mengetahui statusnya yang positif HIV.

"Saya juga ke posyandu, Alhamdulillah bidannya juga sudah open (terbuka) jadi mudah-mudahan dia mau imunisasi jadi nggak perlu ke rumah sakit," katanya.

"Karena setiap bulan ke posyandu, kebetulan mama juga kader di sana, jadi ke posyandu iya untuk pemeriksaan dan ke rumah sakit juga iya buat tindakan (persalinan)," lanjut H

Meski begitu, saat ini H belum berkonsultasi lebih lanjut pada bidannya tentang program imunisasi yang akan diberikan pada anaknya nanti. Sebab, ada imunisasi yang baru bisa diberikan jika status atau hasil pemeriksaan sang anak sudah ada.



Simak Video "AIDS dan 10 Gejala Umumnya: Batuk Kering-Demam"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT