Penularan HIV Ibu ke Anak Bisa Dicegah, Stigma dan Diskriminasi yang Susah

ADVERTISEMENT

Penularan HIV Ibu ke Anak Bisa Dicegah, Stigma dan Diskriminasi yang Susah

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Minggu, 04 Sep 2022 18:16 WIB
Pasutri H dan A positif HIV yang berdomisili di Bandung. H kini tengah hamil 8 bulan.
Ibu hamil positif HIV. Foto: Rachman_punyaFOTO
Jakarta -

Infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus) pada ibu hamil punya risiko penularan dari ibu ke anak. Meski demikian, risiko ini bisa dicegah lewat program Prevention Mother to Child Transmission (PMCTC) atau Pencegahan Penularan HIV dari Ibu-Anak (PPIA).

Seperti halnya yang dilakukan M (31), seorang pengidap HIV yang saat ini tengah hamil dua bulan. Ia berkeinginan memiliki anak, lalu berkonsultasi pada dokter agar bayi yang dikandungnya tidak terinfeksi HIV.

"Aku konsultasi sama dokter, aku ingin punya anak bisa atau nggak. Kata dokter bisa, tapi harus memastikan viral load dan CD4 dalam keadaan aman," kata M pada detikcom di Bandung, Kamis (1/9/2022).

Meski ingin sekali membuka statusnya di publik, M masih memikirkan dampak yang diterima oleh suaminya nanti. Oleh karena itu, ia memutuskan masih merahasiakan statusnya kepada sang anak.

Sama halnya dengan H (37) yang kini usia kandungannya delapan bulan. Selain rutin minum obat, ia juga mulai berkonsultasi apa yang harus dilakukan agar sang anak tidak terinfeksi. Sebab, H dan sang suami A (39) positif HIV.

Baik M maupun H, keduanya diimbau untuk memastikan viral load dan CD4 dalam kondisi yang stabil. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan sang anak terlahir dengan status HIV.

Merahasiakan Status Pada Anak dan Lingkungan

Hingga saat ini, H mengaku belum membuka statusnya pada kedua anak dari suami pertamanya. Ia masih belum siap jika kedua anak perempuannya mengetahui kondisinya dan ayah sambung mereka.

"Awalnya anak-anak nanya terus mama sakit apa kok minum obat terus. Aku bilang saja buat sakit maag, karena virusnya banyak jadi harus minum obat terus," jelas H.

"Anak segitu lagi kritis, apa aja ditanyain. Tapi, kalau yang besar sudah nggak banyak nanya," kata A.

NEXT: Menunggu waktu yang tepat.



Simak Video "AIDS dan 10 Gejala Umumnya: Batuk Kering-Demam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT