Kisah Wanita Bandung Kena HIV, Sempat Nyaris Lumpuh Kini Berhasil Hamil

ADVERTISEMENT

Ulasan Khusus

Kisah Wanita Bandung Kena HIV, Sempat Nyaris Lumpuh Kini Berhasil Hamil

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Senin, 05 Sep 2022 10:17 WIB
M salah satu ODHA di Kota Bandung yang kini tengah hamil 2 bulan. Ia aktif sebagai PS (Pendamping Sebaya) bagi pasien HIV/AIDS dari Female Plus dan bertugas di Klinik Teratai RS Hasan Sadikin Bandung. M memiliki suami yang Negatif HIV.
Kisah wanita yang berjuang melawan HIV, nyaris lumpuh dan kini berhasil hamil. (Foto: Rachman_punyaFOTO)
Jakarta -

Seorang wanita asal Bandung, M (31), menceritakan awal mula tertular HIV. Saat itu, dirinya tengah merantau ke Kalimantan dan hidup berjauhan dengan suaminya.

Sampai akhirnya, di 2019 akhir, M mulai merasakan gejala dari penyakitnya itu. Ia merasa lemas, sulit bernapas, hingga jamur muncul di mulut.

"2019 itu mulai bergejala, aku sudah takut banget, dan memang nggak mau tes," kata M pada detikcom saat ditemui di Bandung, Kamis (1/9/2022).

"Padahal gejalanya sudah berjamur, berat badan sudah turun banget, waktu itu napas sudah beneran susah. Ngambil satu napas saja sakit banget di dada, tapi tetap menolak untuk tes," sambungnya.

Saat itu, M masih belum mengetahui pasti dirinya positif HIV. Ia berpikir kalau dirinya benar terinfeksi HIV, kemungkinan peluang hidupnya tak bertahan lama.

M mengungkapkan saat itu berat tubuhnya turun sangat drastis. Kondisi ini membuat tubuhnya sangat kurus, bahkan dia enggan melihat wajahnya sendiri karena merasa takut.

"Kayaknya dalam dua hari sudah selesai (meninggal), sudah kurus banget sampai nggak mau dijenguk sama orang lain. Karena lihat saya sendiri sudah ngeri, dari 45 ke 28 kilogram," jelas M.

"Itu jamur sudah di mana-mana, termasuk di mulut. Saat itu juga saya nggak bisa jalan, lumpuh," ungkapnya.

NEXT: Jalani Pengobatan hingga Berhasil Hamil



Simak Video "AIDS dan 10 Gejala Umumnya: Batuk Kering-Demam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT