Wabah Pneumonia 'Misterius' Ternyata Legionnaire, Gejala Mirip COVID-19

ADVERTISEMENT

Wabah Pneumonia 'Misterius' Ternyata Legionnaire, Gejala Mirip COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Senin, 05 Sep 2022 07:33 WIB
3D illustration. Genetic test in test tube.
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/ktsimage
Jakarta -

Pejabat kesehatan di Argentina mengungkapkan wabah pneumonia 'misterius' kini menewaskan empat orang. Diketahui penyakit ini kemungkinan disebabkan oleh penyakit Legionnaire.

Dikutip dari BBC, penyakit ini juga menyebabkan tujuh kasus lainnya yang kini dirawat di sebuah klinik di provinsi utara Tucuman, tempat di mana kasus kematian terjadi.

Penyakit paru-paru ini relatif jarang terjadi. Umumnya kondisi ini berkaitan dengan air yang terkontaminasi atau sistem pendingin udara yang tidak bersih.

Gejala yang Muncul

Dokter mencoba menentukan gejala penyakit ini setelah menguji pasien di Kota San Miguel de Tucuman. Hasilnya, ia menemukan gejala yang muncul yakni:

  • Demam tinggi
  • Nyeri tubuh
  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri otot dan perut

Para pejabat setempat mengatakan gejala penyakit ini pertama kali muncul dalam enam kasus yang berkaitan dengan fasilitas. Gejala ini terlihat antara pada 18 dan 23 Agustus 2022.

Apa Itu Penyakit Legionnaire?

Penyakit Legionnaire adalah jenis pneumonia yang disebabkan oleh bakteri legionella. Bakteri ini menyebabkan penyakit yang umumnya ditemukan di sumber air, seperti sungai dan danau yang terkadang masuk ke sistem air buatan.

Diperkirakan 10 persen orang yang tertular penyakit itu meninggal akibat komplikasi yang muncul akibat infeksi tersebut. Sebagai penanganan dini, Menteri Kesehatan Argentina Carla Vizzotti akan memastikan klinik tempat ditemukannya kasus pneumonia itu masih aman untuk semua orang.



Simak Video "Gejala Pneumonia Misterius yang Tewaskan 4 Orang di Argentina"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT