Viral Wanita Jakarta Curhat Mendadak Pitak, Ternyata Kena Penyakit Ini

ADVERTISEMENT

Viral Wanita Jakarta Curhat Mendadak Pitak, Ternyata Kena Penyakit Ini

Alethea Pricila - detikHealth
Senin, 05 Sep 2022 13:32 WIB
Wanita mendadak pitak, ceritanya viral di media sosial.
(Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral kepala seorang wanita 'pitak' di bagian atas belakang kepala. Video ini diunggah melalui Tiktok pribadinya @renjaniputri. Dalam video tersebut wanita (umur) menunjukkan bagian kepala 'pitak' yang baru diketahui beberapa minggu belakangan ini.

"Awalnya aku nggak notice kalau kepala aku itu botak, tapi waktu Senin kemarin (29/8/2022) abis aku makan malam sama pacarku, dia bilang kenapa kepalaku. Ternyata emang ada bagian yang botak, bener-bener botak, nggak ada rambutnya," ujar Jani kepada detikcom Sabtu (3/9/2022).

Setelah menyadari itu wanita 26 tahun ini segera mencari tahu apa penyebab dari kebotakan dari rambutnya itu. Ia melakukan konsultasi melalui salah satu aplikasi daring. Setelah melakukan konsultasi tersebut dokter menyebut ia mengidap alopecia areata.

"Waktu aku konsul daring aku langsung ke spesialis dermatologi, kalo kata dokternya aku didiagnosa alopecia areata dan diberi resep obat. Tapi disarankan juga pergi ke rumah sakit," katanya.

Jani memutuskan untuk melakukan konsultasi ulang ke salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan. Dokter menyebut ada berbagai penyebab terjadinya kondisi kepala yang 'pitak'.

"Dokter ini memberitahu kalau misalkan alopecia areata ini bisa disebabkan karena stres, virus, atau pun konsumsi obat-obatan," jelasnya.

Tak hanya itu, Jani juga menjelaskan saat ini ia sedang menunggu hasil lab. Pemeriksaan ini ia lakukan atas saran dokter untuk mengetahui penyebab penyakitnya secara pasti.

"Penyebabnya juga karena lupus atau autoimun. Makanya dokter sarankan aku cek lab supaya kita tahu penyebabnya apa yang diharapkan semoga tidak bahaya ya," pungkasnya.

Dikutip dari Webmd, Alopecia Areata merupakan gangguan autoimun yang menyebabkan rambut rontok dalam bentuk gumpalan atau ukuran seperempat. Jumlah kerontokan ini berbeda setiap orangnya. Ada beberapa orang yang kehilangannya hanya di beberapa tempat dan ada juga yang hampir seluruh kepala.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT