Youtuber HojuSara Meninggal Idap Leukemia Myeloid Akut, Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Youtuber HojuSara Meninggal Idap Leukemia Myeloid Akut, Ini Penyebabnya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Selasa, 06 Sep 2022 15:00 WIB
Kenangan HojuSara semasa hidup.
Youtuber HojuSara. Foto: Instagram
Jakarta -

Sara Holmes (31), youtuber asal Australia yang populer dengan konten kesehariannya di Korea Selatan meninggal dunia akibat kondisi acute myeloid leukemia atau leukemia myeloid akut (AML). Youtuber yang dikenal dengan panggilan HojuSara ini telah berjuang menghadapi kondisi leukimia yang diidapnya semenjak bulan Mei 2022.

Kabar meninggalnya Holmes disampaikan oleh tunangannya, Hyun, pada Senin (5/9/2022) lewat akun sosial media. Ribuan penggemar sontak merasa kehilangan dan menyampaikan ucapan belasungkawa atas kepergian Holmes.

Dikutip dari Daily Mail, youtuber dengan 340.000 pengikut ini pertama kali merasakan gejala awal di 6 bulan lalu. Awalnya Holmes merasakan sakit punggung luar biasa dan setelah pemeriksaan, dokter menyatakan dirinya hanya mengidap sakit otot.

Namun ia jatuh pingsan saat keluar dari rumah sakit dan dibawa ke rumah sakit berbeda untuk pemeriksaan lebih lanjut. Akhirnya ia didiagnosis dengan kondisi leukemia myeloid akut.

"Sebenarnya, hanya 1.000 orang yang didiagnosis dengan penyakit ini setiap tahun di Australia. Jadi ternyata saya salah satu dari orang-orang itu tahun ini," ucap Holmes menceritakan kondisinya pada Mei lalu.

Penyebab Leukemia Myeloid Akut

Dikutip dari WebMD, leukemia myeloid akut merupakan salah satu tipe dari kanker darah. Kondisi ini terjadi akibat perubahan atau mutasi DNA pada sel induk di dalam sumsum tulang. Ini menyebabkan fungsi sumsum tulang dalam memproduksi sel darah menjadi terganggu.

Dokter belum mengetahui pasti mengapa seseorang bisa mengalami kondisi ini, namun ada beberapa faktor risiko yang diduga terkait leukemia myeloid akut:

  • Merokok
  • Berkontak dengan bahan kimia tertentu seperti benzena, pestisida, dan radiasi pengion
  • Efek obat kemoterapi
  • Paparan radiasi dosis tinggi
  • Keluarga ada yang memiliki riwayat kondisi ini
  • Sindrom genetik tertentu seperti down syndrome, trisomy 8, neurofibromatosis type 1, dan Li-Fraumeni syndrome


Simak Video "Mahasiswa Indonesia Ungkap Kondisi Covid-19 di Jepang Saat Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT