BPOM RI Cek Kecap Manis-Saus ABC yang Ditarik Singapura

ADVERTISEMENT

BPOM RI Cek Kecap Manis-Saus ABC yang Ditarik Singapura

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rabu, 07 Sep 2022 10:01 WIB
Viostin DS dan Enzyplex Ditarik Dari Peredaran

Kepala Bada Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito melakukan jumpa pers terkait perkembangan kasus pelanggaran produk Viostin DS dan Enzyplex yang mengandung DNA babi di Jakarta, Senin (5/6/2018). Dalam hasil penyelidikan BPOM, kedua produk tersebut positif mengandung DNA babi. Atas temuan ini kedua produk tersebut ditarik dari peredaran. Grandyos Zafna/detikcom
BPOM RI cek produk saus ABC dan kecap manis yang ditarik Singapura. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Penny K Lukito langsung mengecek temuan Singapura terkait kandungan alergen sulfur dioksida dan asam benzoat di kecap manis hingga saus sambal ABC Singapura. Ia belum bisa memastikan terkait adakah risiko di balik penarikan tersebut.

Singapore Food Agency (SFA) mempersoalkan tidak dicantumkannya kandungan alergen sulfur dioksida dan asam benzoat pada kecap manis dan saus sambal ayam goreng ABC. Mereka khawatir, konsumen yang memiliki alergi bisa berisiko mengalami sejumlah keluhan reaksi sensitif.

Misalnya efek dari kandungan sulfur dioksida, pada sejumlah individu menyebabkan reaksi alergi seperti serangan asma, sakit kepala, hingga mual. Meski begitu, SFA memastikan kandungan alergen dalam produk kecap dan saus sambal ABC ayam goreng masih dalam batas ambang batas yang diizinkan dalam bahan pangan.

"Saya cek lebih dulu," kata Penny saat dihubungi detikcom, Rabu (7/9/2022).

Dikutip dari Pedoman Label Pangan Olahan BPOM RI 2020, produk yang memiliki kandungan alergen wajib mencantumkan keterangan tersebut di label kemasan, sebagai peringatan. Berikut aturannya.

Keterangan mengenai nama produk dan peringatan pada label harus dicantumkan dengan ukuran huruf paling kecil sama dengan atau lebih besar dari huruf kecil "o" pada jenis huruf Arial dengan ukuran 2 mm (dua milimeter) (Arial 12 point).

Keterangan berupa peringatan tersebut meliputi:

a. peringatan terkait penggunaan pemanis buatan;
b. keterangan tentang pangan olahan yang proses pembuatannya bersinggungan dan/atau
menggunakan fasilitas bersama dengan bahan bersumber babi;
c. keterangan tentang alergen;
d. peringatan pada label minuman beralkohol; dan/atau
e. peringatan pada label produk susu.

Simak Video 'Penyebab Singapura Tarik Produk Saus dan Kecap ABC Asal Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT