Fakta-fakta Penarikan Kecap Manis-Saus ABC di Singapura

ADVERTISEMENT

Round Up

Fakta-fakta Penarikan Kecap Manis-Saus ABC di Singapura

Nurul Febian Danari - detikHealth
Kamis, 08 Sep 2022 05:30 WIB
Young woman wearing protective mask and buying food in grocery store during coronavirus pandemic.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic)
Jakarta -

Badan Pengawas Pangan Singapura (SFA) menarik tiga produk yang mengandung alergen pada Selasa, (6/9/2022). Dua di antaranya adalah produk Indonesia, yakni ABC kecap manis dan ABC saus sambal ayam goreng.

Penarikan tersebut berlaku pada semua produk kecap manis ABC yang diimpor oleh New Intention Trading, dengan tanggal kedaluwarsa 26 Juni 2024 dan Sambal Ayam Goreng ABC Saus yang diimpor oleh Distributor Arklife yang memiliki tanggal kadaluwarsa 6 Januari 2024.

Temuan Alergen pada Makanan

Dikutip dari Channel News Asia, pada Rabu (7/9/2020), SFA mengatakan kedua produk ABC tersebut ditemukan mengandung alergen sulfur dioksida. Sementara pada ABC sambal ayam goreng juga terdapat asam benzoat. Kedua kandungan alergen ini tidak tercantum pada label kemasan produk.

SFA menambahkan bahwa kadar sulfur dioksida dan asam benzoat yang terdapat pada produk tersebut masih dalam batas wajar atau sesuai standar pangan. Meskipun begitu, bukan berarti tanpa resiko, kandungan alergen tetap berbahaya bagi yang memiliki alergi terhadap kedua bahan tersebut sehingga membutuhkan 'warning' pemberitahuan.

Sementara satu produk lainnya adalah Fukutoku Seika Soft Cream Wafer yang berasal dari Jepang. Peroduk ini mengandung alergen putih telur dan tepung terigu yang juga tidak dicantumkan dalam label bahan makanan.

Mengapa Ditarik?

Berdasarkan peraturan makanan Singapura, produk yang mengandung bahan makanan yang menyebabkan hipersensitivitas harus dicantumkan pada label kemasan produk. Semua bahan harus dicantumkan pada label produk dalam urutan menurun berdasarkan proporsi beratnya.

Sayangnya, ketiga produk tersebut tidak mencantumkan bahan alergen sehingga harus ditarik dari pemasaran di Singapura.

SFA menekankan bagi yang sudah membeli produk dan memiliki alergi terhadap alergen, sebaiknya tidak mengonsumsinya.

NEXT: Klarifikasi PT Heinz ABC.

Simak Video 'Respons BPOM hingga Pihak ABC soal Kecap Manis-Saus Ditarik Singapura':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT