Susah Tidur Gegara Sering Gelisah-Jantung Berdebar Cepat, Tanda Sakit Apa Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Susah Tidur Gegara Sering Gelisah-Jantung Berdebar Cepat, Tanda Sakit Apa Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamis, 08 Sep 2022 09:10 WIB
ilustrasi insomnia
Ilustrasi susah tidur. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya mau tanya Dok...

Saya wanita berusia 25 tahun. Kenapa ya saya susah tidur, baik di siang atau malam hari. Padahal kondisi mata saya ngantuk berat.

Sudah coba meremin mata, tapi tetap saja nggak bisa tidur. Terkadang baru tidur sebentar, tiba-tiba kaget terus bangun disertai detak jantung lebih cepat dan gelisah, sehingga sulit tidur kembali. Mohon solusinya Dok, terima kasih.

Y (wanita, 25 tahun)

Untuk menegakkan diagnosa gangguan tidur serta penyebabnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut. Evaluasi secara menyeluruh perlu dilakukan untuk mengetahui bentuk gangguan tidur yang dialami (onset/sejak kapan terjadinya gangguan, durasi tidur, dan kebiasaan tidur yang biasa dilakukan).

Selain itu, butuh pemeriksaan riwayat gangguan medis hingga riwayat gangguan psikologis yang mungkin dialami (misalnya adanya kecemasan, stres tertentu yang dialami, dan sebagainya).

Dari evaluasi menyeluruh tersebut, nantinya diharapkan akan menemukan sebab masalah tidur yang dialami sehingga dapat diberikan intervensi atau penanganan yang tepat. Intervensi atau penanganan yang dilakukan dapat berupa medikamentosa (pemberian obat) maupun psikoterapi (terapi psikologis), atau juga perubahan pola hidup sesuai dengan penyebab yang mendasari masalah tidur

Ade Dian Komala, MPsi

Psikolog

Primaya Evasari Hospital

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Siapa Saja yang Disarankan untuk Jalani Meditasi?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT