Curhat Ria Ricis Payudara Bengkak Kena Mastitis, Penyakit Apa Itu?

ADVERTISEMENT

Curhat Ria Ricis Payudara Bengkak Kena Mastitis, Penyakit Apa Itu?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 08 Sep 2022 11:34 WIB
Ria Ricis
Foto: Instagram @riaricis1795
Jakarta -

YouTuber Ria Ricis baru-baru ini menceritakan pengalamannya terkena mastitis. Hal ini diungkapkan langsung oleh dirinya melalui akun YouTube resminya.

Gejala awal mastitis yang dialami ria ricis muncul saat dirinya akan pumping (memompa) ASI untuk anaknya, Cut Raifa Aramoana.

"Semua itu berawal dari malam hari satu minggu yang lalu, aku emang dalam keadaan tepar teler banget. Malam kan aku harusnya pumping dua jam sampai tiga jam sekali," ucap Ria Ricis, dikutip dari YouTube Ricis Official, Kamis (8/9/2022).

Namun, pada keesokan harinya, pemilik nama asli Ria Yunita itu mulai merasa payudaranya mengalami bengkak.

Sebenarnya apa itu mastitis?

Mengutip dari laman Mayo Clinic dan Cleveland Clinic, mastitis merupakan peradangan jaringan payudara yang terkadang melibatkan infeksi. Peradangan ini dapat menyebabkan nyeri payudara, pembengkakan, kehangatan dan kemerahan. Biasanya, penyakit mastitis paling sering menyerang wanita yang sedang menyusui (mastitis laktasi). Namun, dapat juga terjadi pada wanita yang tidak menyusui dan pada pria.

Adapun penyebab kondisi ini adalah saat bakteri pada kulit atau air liur memasuki jaringan payudara melalui saluran susu atau retakan di kulit. Saluran susu merupakan bagian dari anatomi payudara yang membawa susu ke puting. Semua jenis kelamin memiliki saluran susu dan bisa terkena mastitis.

Infeksi juga bisa terjadi ketika ASI kembali keluar karena saluran ASI yang tersumbat atau teknik menyusui yang bermasalah. Bakteri tumbuh di dalam susu yang tergenang.



Simak Video "Benarkah Makanan Tertentu Bisa Picu Kanker Payudara?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT