ADVERTISEMENT

Kamis, 08 Sep 2022 10:18 WIB

5 Bahan Alami untuk Membersihkan Ginjal, Bantu Keluarkan Racun dalam Tubuh

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi ginjal Bahan alami untuk membersihkan ginjal (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ben-Schonewille)
Jakarta -

Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang terletak pada pinggang bawah. Meski bentuknya yang kecil, organ ini mampu memproses setidaknya 200 liter darah, membuang kelebihan air dan produk limbah, hingga membuang racun di dalam tubuh. Untuk memaksimalkan kinerjanya, bisa mencoba mengonsumsi sejumlah bahan alami untuk membersihkan ginjal.

Pasalnya, jika fungsi ginjal terganggu dan tak bekerja dengan baik, racun di dalam tubuh akan berkembang dan menghambat fungsi normal ginjal, hati, dan organ penting lainnya. Hal inilah yang menyebabkan manusia merasakan kelelahan, sakit perut, hingga sakit kepala.

Terlebih, penumpukan racun dan limbah juga bisa menyebabkan batu ginjal. Kondisi ini memengaruhi 10-15 persen orang dewasa Amerika, tetapi juga dapat ditemukan pada anak-anak usia lima tahun. Karenanya, penting untuk menjaga organ ginjal agar tetap bekerja dengan baik.

"Ketika ginjal Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya, cairan dan limbah menumpuk di tubuh Anda. Seiring waktu, limbah dan cairan ekstra dapat menyebabkan masalah tulang, jantung, dan kesehatan lainnya," kata Patricia Bannan, MS, RDN, dikutip dari Eatthis.

Bahan Alami untuk Membersihkan ginjal

Berikut beberapa bahan alami yang diyakini bisa membantu membersihkan ginjal, di antaranya:

1. Anggur

Anggur, kacang tanah, dan beberapa buah beri mengandung senyawa tanaman bermanfaat yang disebut resveratrol. Dalam satu penelitian pada hewan, peneliti menemukan bahwa pengobatan dengan resveratrol mampu menurunkan peradangan ginjal pada tikus dengan penyakit ginjal polikistik.

2. Kranberi

Buah yang satu ini kerap dipuji lantaran manfaatnya yang sangat baik untuk kandung kemih. Sebuah uji klinis yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi cranberry kering manis setiap hari selama 2 minggu, mengalami penurunan kejadian infeksi saluran kemih.

3. Jus Buah

Jus lemon, jeruk, melon, memiliki kandungan sitrat yang membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengikat kalsium dalam urine. Ini berguna menghambat pertumbuhan kristal yang bisa menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, minum secangkir jus segar per hari dapat berkontribusi pada asupan cairan yang direkomendasikan setiap hari.

4. Rumput Laut Cokelat

Rumput laut coklat telah dipelajari terkait efek pada pankreas, ginjal, dan hati. Dalam uji coba hewan tahun 2014, tikus yang diberi makan rumput laut selama 22 hari menunjukkan pengurangan kerusakan ginjal dan hati akibat diabetes.

5. Kurma

Kurma yang direndam dalam air selama 24 jam kemudian dikonsumsi setelah bijinya dibuang akan efektif melarutkan dan membuang batu ginjal. Kurma kaya akan serat, membantu mengurangi risiko batu ginjal. Kandungan magnesium dalam kurma juga membersihkan ginjal.



Simak Video "Temuan Terkini soal Kasus Kematian Puluhan Anak Gambia Terkait Paracetamol"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT